Categories: Berita

KKN Tangguh Lakukan Pendampingan UMKM, Cara Pembuatan Layang-layang Serta Cara Penjualannya

Di situasi pandemi seperti ini tidak menurunkan semangat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo untuk mengabdi kepada masyarakat, salah satunya ialah melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sendiri mengadakan KKN dalam bentuk yang tidak biasa, yaitu KKN Tangguh 2020 Kebencanaan.

KKN Tangguh 2020 Kali ini berbeda dengan kkn sebelum-sebelumnya,ini merupakan terombosan progam KKN pertama kali yang dilakukan UMSIDA pada saat masa pandemi, yang mana KKN dilakukan dilingkungan mahasiswa masing – masing dengan membantu atau mengabdi kepada masyarakat sekitarnya. Tentunya dalam kegiatan KKN ini, mahasiswa harus tetap menjaga dan tetap memperhatikan protokol Kesehatan dalam semua kegiatannya, demi keamanan bersama.

Salah satu mahasiswa pelaksana KKN Tangguh 2020 bernama Edi saputra progam studi Tekni mesin, melaksanakan KKN di RT 02 RW 01 Desa Sugihwaras, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo dengan mengambil tema UMKM, Pembelajaranan pembuatan layang-layang serta cara penjualanya. Pemilihan tema ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM agar tetap eksis walaupun di masa pandemi.karena di masa seperti ini perekonomian menurun secara derastis.jadi harus ada trobosan-trobosan untuk menopang perekonomian kembali.

Pengabdian yang dilakukan oleh Edi saputra ini fokus pada Pembelajaran Cara membuat layang-layang yang unik dan menarik serta cara penjualan melalui media sosial atau digital marketing . Progam – progam yang ditekankan oleh Edi saputra kepada pelaku UMKM ialah Proses pembuatan laying-layang yang seunik dan menarik mungkin.mulai dari mencari bahan baku untuk membuat layang -layang,cara pembuatan serta digital marketing,untuk menghindari kontak langsung dengan pembeli, e-branding untuk memasarkan produknya secara online dan lebih menarik, dan juga bimbingan yang baik untuk proses kelanjutannya.

“Dengan keadaan New Normal seperti saat ini, usaha kecil Mau tidak mau ya harus menyesuaikan dengan keadaan” kata Bapak Agus salah satu mitra Edi saputra dalam kegiatan KKN. (20/09/2020)

COVID 19 memang merubah kehidupan, baik cara hidup yang sebelumnya tidak menggunakan masker berubah wajib kemana – mana menggunakan masker dan selalu membawa handsanitizer. Belum lagi dengan adanya PSBB, hal ini sangat berimbas kepada aspek perekonomian. Baik usaha kecil maupun perusahaan besar.

Jika masa pandemi seperti ini pelaku usaha tidak dapat beradaptasi dengan baik, maka pilihannya hanya 2 (dua) yaitu pasrah menunggu nasib atau usahanya akan mati. Untuk itu.. terus berinovasi, patuhi protokol Kesehatan, jadikan Indonesia lebih baik.

KKN Tangguh 2020 kebencanaan sendiri di UMSIDA merupakan tantangan tersendiri bagi para mahasiswa, selain susahnya berinteraksi dengan warga karena adanya Peraturan new normal. Mahasiswa juga dituntut untuk lebih aktif dalam melaporkan setiap kegiatan yang dilakukannya kepada pebimbing setiap tahapan kegiatan. Meskipun demikian, hal ini tidak mematahkan semagat Edi saputra untuk tetap mengabdi kepada masyarakat dalam progam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tangguh 2020 Kebencanaan.

Edi saputra(Prodi Tekni mesin– Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo MARGOYOSO, PATINEWS.COM Tim Kuliah Kerja Nyata…

20 Oktober 2020

Berbagai Elemen Masyarakat Pati, Tolak Demo Anarki

PATI, PATINEWS.COM Kompak tolak demo anarkis, berbagai elemen masyarakat Kabupaten Pati melaksanakan deklarasi damai di…

19 Oktober 2020

Sambut Maulid Nabi, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Andil Dalam Kegiatan Tartil Rutin Bersama Fatayat Muslimat Desa Guwo

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM Minggu, (18/10) bertepatan dengan 1 Rabiul Awal 1442, Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah…

19 Oktober 2020

Ketika Bisnis Esek-esek, Jerat Gadis Dibawah Umur

PATI – PATINEWS.COM Praktik bisnis esek-esek di Pati dalam beberapa tahun terakhir ini dinilai oleh…

19 Oktober 2020

Diikuti 26 Coach Profesional, Pati Jadi Tuan Rumah Kursus Lisensi Kepelatihan B PSSI

OLAHRAGA, PATINEWS.COM Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) mengaku bangga bisa berada di tengah-tengah pelatih-pelatih…

19 Oktober 2020

Diakui Dunia, Generasi Muda Wajib Lestarikan Budaya Wayang Kulit

BUDAYA, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kegiatan yang bertujuan untuk nguri-uri budaya ini.…

19 Oktober 2020