Categories: Berita

Kirab HUT Darun Najah ke-57, Berlangsung Meriah dan Inspiratif

Kirab HUT Darun Najah ke-57, Berlangsung Meriah dan Inspiratif

PatiNews.Com – Margoyoso,

Madrasah Darun Najah Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati menggelar kirab dan karnaval islam dan budaya dalam perayaan HUT ke-57 Madrasah Darun Najah, Kamis (16/01/2020).

Kirab sekaligus sebagai ajang untuk memperkenalkan potensi dan prestasi siswa-siswi  Madrasah Darun Najah.

Wakil yayasan Ronggokesumo yang menaungi Darun Najah, Bapak KH. Muslich Ar, S.Pd.I mengatakan, tujuan kirab dan karnaval islam dan budaya kali ini bertujuan mensyi’arkan nilai-nilai islam yang berbasis keaswajaan dan ke Indonesiaan.

Di harapkan peserta kirab yakni siswa-siswi Madrasah Darun Najah mampu berkreasi dan bekerja sama untuk membuat sesuatu produk seni dan kebudayaan yang bernafaskan islam nusantara.

“Jadi siswa-siswi Madrasah Darun Najah tidak hanya belajar di ruang sekolah namun harus mampu mengkolaborasikan potensi kreatifnya pada masyarakat luas dan salah satunya lewat wahana kirab ini,” ujarnya.

Bertindak sebagai salah satu seksi kirab tahun adalah Imam Muhlis Ali, S.Pd.I yang mengatakan bahwa peserta kirab di bulan Januari 2020 di ikuti siswa-siswi Darun Najah mulai dari tingkat RA, MI, MTs, dan MA  Kurang lebih berjumlah 7 ribu peserta yang ikut.

“Kirab ini adalah salah satu rangkaian acara Hari Ulang Tahun ( HUT) Madrasah Darun Najah Ke-57. Sebelumnya ada acara Khitanan Massal, Lomba-lomba antar kelas, Gema Shalawat bersama Habib Rifqi bin Umar Al-Aidid dari Solo,” lanjutnya.

Dari pantauan penulis yang juga bagian dari kirab sebagai MC siaran keliling, pelaksanaan kirab berlangsung meriah, karya yang inspiratif dan sangat bervariasi atraksi dari peserta kirab. Ada yang menampilkan replika Menara Kudus ( simbol islam nusantara ), replika teknologi tepat guna mesin gilingan tepung tapioka,  gerakan-gerakan kreatif diiringi yel-yel berisi pesan semangat dari masing-masing grup, juga ada peserta yang unjuk ketrampilan tari tasawuf.

“Penampilan peserta kirab Darun Najah  luar biasa mas,” kata salah satu penonton di samping saya. Masyarakat tumpah ruah memadati di  pinggir jalan Pati-Tayu km 18. Keadaan jalanan ramai dan macet. Para sahabat Banser Satkoryon Margoyoso terus mengatur arus.lalu lintas.

Tak ketinggalan petugas Kepolisian sektor Margoyoso dan TNI serta Koramil ikut mengurai kepadatan kendaraan.

Seusai pelaksanaan kirab, Ketua Panitia HUT Darun Najah Ke-57,  Bapak Teguh Santoso, SPd.I mengatakan bahwa pelaksanaan kirab tahun ini berjalan lancar dan sukses.  Dalam kirab ini juga ada  penilaian sendiri. Dimana setiap grup ( tiap kelas ) penampilannya akan dinilai dari sisi formasi, kreativitas, kekompakan dan tema yang diangkat.

Untuk tema diwajibkan mengangkat kearifan lokal, islam nusantara, dan budaya yang sesuai islam ahlussunnah wal.jamaah sesuai karakter madrasah.

“Pengumuman juaranya akan diumumkan saat selesai kirab yakni saat undian kupon berhadiah di atas panggung,” Tandas Imam Muhlis Ali, S.Pd.I.

Semoga tahun depan pelaksanaan kirab berlangsung lebih meriah dan para peserta kirab bisa menampilkan sesuatu yang bagus, inspiratif dan syukur lebih banyak  menampilkan replika peninggalan-peninggalan para Wali Songo, ulama’ serta replika  teknologi tepat guna agar masyarakat yang menonton dapat mengambil sesuatu yang bermanfaat.

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd.I

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Bikin Bangga, Tokoh Asal Pati ini Terima Penghargaan Skala Nasional

Bikin Bangga, Tokoh Asal Pati ini Terima Penghargaan Skala Nasional PatiNews.Com - Kota, Tokoh asal…

3 jam ago

Waspada Corona Virus,  RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati Gelar Simulasi Penanganan

Waspada Corona Virus,  RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati Gelar Simulasi Penanganan PatiNews.Com - Kota,…

6 jam ago

Bertamu Hingga Jam Satu Malam di Rumah Perempuan, Seorang Pria di Kayen ini Diinterogasi Polisi

Bertamu Hingga Jam Satu Malam di Rumah Perempuan, Seorang Pria di Kayen ini Diinterogasi Polisi…

6 jam ago

Dalam amanat upacara bendera, inilah pesan KASAD kepada Prajurit serta PNS TNI AD

Kodim Pati- Prajurit dan PNS TNI AD jajaran Kodim 0718/Pati mengikuti kegiatan Upacara Bendera yang…

13 jam ago

Dikunjungi DPRD Tuban, Setwan Pati Beberkan Sinkronisasi Anggaran

Dikunjungi DPRD Tuban, Setwan Pati Beberkan Sinkronisasi Anggaran PatiNews.Com - Kota, DPRD Kabupaten Pati kedatangan…

1 hari ago

Diikuti Pembalap Australia, La Velo de Pati Bakal Lalui 59 Desa di 11 Kecamatan

Diikuti Pembalap Australia, La Velo de Pati Bakal Lalui 59 Desa di 11 Kecamatan PatiNews.Com…

1 hari ago