fbpx

Keresahan UMKM Pati, Dari Turunnya Omzet Hingga Rumahkan Karyawan


Patinews.com – Ekonomi, Ditengah wabah Corona, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memang yang paling merasakan dampaknya secara langsung.

Yuli Sanjoto selaku Ketua KUPAT (Komunitas UMKM Pati) mengungkapkan, adanya wabah Covid 19 dan kebijakan kebijakan pemerintah yang mengikutinya, “kami selaku UMKM sangat terasa dampaknya. UMKM kuliner omzetnya turun drastis dengan kebijakan social distancing yang diberlakukan, karena mobilitas masyarakat rendah, bahkan pesanan – pesanan kuliner dibatalkan karena acara – acara ditunda penyelenggaraannya, tamu hotel dan tempat wisata juga menurun,” ujarnya saat dihubungi kepada patinews (Kamis, 26 Maret 2020).

Selain itu, juga mengakibatkan kenaikan harga dan ketersediaan bahan baku menyulitkan produsen untuk melakukan proses produksi. “Beberapa order dari toko oleh – oleh dibatalkan, pembayaran dari toko – toko modern diundur dan tidak sesuai jadwal sehingga cashflow pelaku UMKM jadi tersendat. Semua agenda pameran dan bazaar ditunda sehingga mengurangi pasar produk UMKM yang bahkan stoknya sudah dipersiapkan lebih banyak,” terang Yuli.

Baca juga:   Pati Expo 2019, Ajang Pembuktian Kualitas Produk Lokal

Turunnya omzet dan pembatalan pesanan ini, lanjut Yuli, membuat ketidakmampuan pembayaran angsuran kredit usaha dan bahkan ada yang sampai pengurangan karyawan tidak tetap.

Dengan berbagai imbas tersebut, pihaknya berharap agar pemangku kebijakan dapat menerapkan restrukturisasi atau keringanan dari pihak Perbankan dalam pembayaran kredit usaha.

Meski demikian, pihaknya mendukung upaya pemerintah untuk dapat menanggulangi wabah yang telah menjadi Pandemi global tersebut.

“Berharap pandemi ini segera bisa diatasi dan laju perekonomian masyarakat kembali lancar, UMKM Pati tetap bersemangat untuk terus melanjutkan usahanya karena branding yang dibuat sudah terbentuk dengan kuat,” tandas Yuli. (pn/ red)

Keresahan UMKM Pati, Dari Turunnya Omzet Hingga Rumahkan Karyawan | patinews.com | 4.5

Leave a Reply