Categories: Beritatekno

Keren, Tiga Mahasiswa UMK ini Ciptakan Tempat Sampah Pintar Berbasis IOT

Patinews.com – Kota, Tiga mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) menciptakan tempat sampah pintar berbasis Internet Of Things (IOT). Tempat sampah pintar berbasis IOT tersebut diberi nama T-Smart++.

Mahasiswa tersebut tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta (PKM KC) yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi.

Ketiga mahasiswa yang kreatif membuat Tempat sampah pintar berbasis IOT tersebut, adalah Novi Arimukti dan Arsya Yoga Pratama (Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik), Bagus Utomo (Program studi Teknik Elektro Fakultas Teknik) serta di bimbing oleh Bapak Andy Prasetyo Utomo, S.Kom, M.T.

Tempat sampah pintar berbasis IOT ini memiliki ++ atau kelebihan, yakni dapat terkunci otomatis apabila tempat sampah tersebut sudah penuh serta dapat mengirimkan titik lokasi dari tempat sampah tersebut sehingga memudahkan petugas sampah saat pengambilan sampah.

Arsya Yoga Pratama mengutarakan, pembuatan tempat sampah pintar berbasis IOT ini terinspirasi banyaknya sampah yang sudah penuh namun petugas tidak mengangkut sampah- sampah tersebut. Terlebih lagi jika sampah tidak segera diangkut dapat menyebabkan bau tidak sedap, hal ini dapat mengganggu lingkungan dan membuat suasana menjadi tidak nyaman serta menyebabkan polusi udara di sekitar tempat sampah tersebut.

Petugas sampah yang bertugas mengangkut sampah sering kesulitan dalam pengangkutan sampah dengan alasan tidak mengetahui lokasi dari semua tempat sampah yang dalam kondisi penuh. Dari situlah, tercipta kreasi tempat sampah pintar berbasis IOT T-Smart++ ini.

“Dalam membuat T-Smart ++ ini, tim melakukan analisis alur kerja sistem sekitar satu bulan, dengan memperhatikan setiap kebutuhan petugas sampah. Terlebih lagi kami ingin menciptakan teknologi yang bermanfaat dan terjamin kemudahan dalam pengoperasiannya,” jelas Arsya Yoga Pratama.

Selanjutnya, masing-masing anggota diberi tugas mengidentifikasikan berbagai hal yang terkait untuk menyelesaikan tempat sampah pintar berbasis IOT yang dirancang. Setelah final, tempat sampah pintar berbasis IOT ini akan diserahkan ke pihak yang dinas yang berwenang menaungi petugas sampah yang ada di Kabupaten Kudus.

“Kami berharap, tempat sampah pintar berbasis IOT ini bisa membantu pemerintah Kabupaten Kudus dalam mengoptimalkan kinerja Petugas sampah dalam pengambilan sampah dan menjadi referensi baru terkait adanya teknologi yang bisa membantu dan bermanfaat dalam meningkatkan kinerja petugas sampah,” tuturnya. (pn/ tim)

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom

Recent Posts

Tingkatkan Kompetensi, Safin Harap Pelajar SMK Kreatif dan Bisa Bangun Jaringan

Tingkatkan Kompetensi, Safin Harap Pelajar SMK Kreatif dan Bisa Bangun Jaringan Patinews.com - Kota, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin)…

18 menit ago

Wabup Instruksikan Disdukcapil Pati Permudah Layanan E-KTP Bagi Difabel

Wabup Instruksikan Disdukcapil Pati Permudah Layanan E-KTP Bagi Difabel PatiNews.Com - Gabus, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin tanpa pemberitahuan sebelumnya,…

2 jam ago

Penyelenggara KB Al-Azhar, Sambut Mahasiswa PKM Universitas Terbuka Pokjar Kudus

Penyelenggara KB Al-Azhar, Sambut Mahasiswa PKM Universitas Terbuka Pokjar Kudus PatiNews.Com - Kudus, "Selamat datang teman-teman mahasiswa Universitas Terbuka Pokjar…

21 jam ago

Tlogowungu Parade Bonsai, Ketika Hobi dan Seni Menyatu

Tlogowungu Parade Bonsai, Ketika Hobi dan Seni Menyatu PatiNews.Com - Tlogowungu, Banyak komunitas di masyarakat, dari komunitas otomotif, olah raga,…

22 jam ago

Hujan Tak Kunjung Turun, Ponpes Al Istianah Plangitan Pati Gelar Shalat Istisqo’

Hujan Tak Kunjung Turun, Ponpes Al Istianah Plangitan Pati Gelar Shalat Istisqo' Patinews.com - Kota, Musim kemarau berkepanjangan membuat sejumlah…

23 jam ago

Bupati Pati Buka Baksos Operasi Bibir Sumbing

Bupati Pati Buka Baksos Operasi Bibir Sumbing Patinews.com - Sosial, Bupati Pati Haryanto, membuka acara Bhakti Sosial (Baksos) operasi bibir…

23 jam ago