Kenduri “Sego Kulub”, Tradisi Idul Fitri di Desa Panjunan Pati

PatiNews.Com – Kota, Hari raya idul fitri, lebaran atau dalam bahasa jawa Bodho adalah hari kemenangan bagi umat Islam diseluruh jagat raya setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa.

Ada berbagai ragam cara dalam menyambut hari raya kemenangan tersebut, ada lomba takbir, lomba rebana, lomba tabuh beduk, takbir keliling dengan berbagai hiasan serta kegiatan-kegiatan lain yang sangat menarik.

Tak ketinggalan pula bagi masyarakat Panjunan Tempel RT. 15 RW. 02 Desa Panjunan, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati dalam menyambut hari kemenangan tersebut, tapi berbeda dengan masyarakat pada umumnya warga masyarakat Panjunan Tempel menyambut hari kemenangan dengan mengadakan Kenduri “Sego Kulub”.

Kegiatan kenduri “Sego Kulub” tersebut diadakan di halaman mushola Baiturrohman setelah sholat id yang di ikuti oleh seluruh warga Panjunan Tempel serta sebagian warga Mustokoharjo dan Gajahmati.

Sego Kulub adalah nasi godangan yang dibuat dari daun ketela pohong, kacang panjang, daun luntas, kecambah/ tauge, wortel, serutan kelapa diberi berbagai macam bumbu rempah-rempah.

Baca juga:   Peringati Hari Pangan Sedunia, Wakil Bupati Pati Ajak Warga Optimalkan Sumber Daya Lokal

Nur Achwan dan Nik Suwarni salah satu penggagas acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan Kenduri “Sego Kulub” merupakan ungkapan rasa syukur ke hadirat ALLAH SWT atas segala nikmat yang telah diberikan salah satunya nikmat bisa menjalankan puasa romadhon serta memohon keselamatan dan bisa bertemu puasa Romadhon yang akan datang.

Bapak Kuat Budi Santoso salah satu pengurus mushola Baiturrohman dan sesepuh warga ds Panjunan Tempel RT. 15 RW.02 Panjunan Pati sangat mengapresiasi dan mendukung di adakannya Kenduri tersebut, yang telah berlangsung sekitar 5 tahunan ini. Hal ini di iyakan juga oleh Bapak Sugiarto, Bapak Kuntoyo, bapak Karmintoro, ibu Watini, Ibu Wagini, Tante Wisni serta Tante Puji yang sangat mendukung diadakannya Kenduri “Sego Kulub”. (pn/ ac)

Kenduri “Sego Kulub”, Tradisi Idul Fitri di Desa Panjunan Pati | redaksi@patinews.com | 4.5

Leave a Reply