Kelayakan Pegang Senpi, Ratusan Personel Polres Pati Ikuti Tes Psikologi

Kelayakan Pegang Senjata, Ratusan Personel Polres Pati Ikuti Tes Psikologi

Patinews.com – Kota, Bertempat di gedung Korpri Pati, 160 anggota kepolisian Resor Pati yang memegang senjata api (senpi) mengikuti tes psikologi. Kamis, 17 Oktober 2019.

Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk mengetahui layak tidaknya anggota kepolisian memegang senpi.

Ujian Psikologi bagi anggota Polres Pati pemegang senjata api yang dipimpin oleh Tim Psikologi dari Polda Jateng yang diketuai oleh Paur Psikologi Ro SDM Polda Jateng AKP Achmad Dartono, S.Psi.

Kapolres Pati melalui Kabag Sumda Kompol Sumarni mengatakan, tes psikologi ini merupakan tahapan yang harus dilakukan oleh anggota yang memegang senpi. Usai tes ini, mereka tidak bisa langsung menggunakan senpi, tetapi masih ada penelitian personel.

Anggota yang memegang senpi, lanjut Kabag, seperti Reserse, Kriminal, Narkoba dan Pam Obvit setiap satu tahun sekali diwajibkan untuk mengikuti tes psikologi. Itu untuk memastikan bahwa yang bersangkutan benar-benar masih dalam koridor yang sesai aturan.

Dari hasil penilaian tes psikologi ini, dapat memperlihatkan karakter masing-masing anggota. Bagi anggota yang dinyatakan lulus tes psikologi, tidak serta merta langsung bisa menggunakan senpi, tetapi ada tahapan selanjutnya,” ujarnya.

Peserta yang lolos tes psikologi akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tes kesehatan untuk memastikan layak atau tidak untuk memegang senpi. selain itu, tes kesehatan juga menjadi pertimbangan penting untuk penggunaan senpi ini.

Kompol Sumarni menambahkan, untuk tujuan dilaksanakannya tes psikologi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perangai yang dimiliki anggota. Sebab, mereka menggunakan senpi, sehingga secara fisik dan mental, semuanya harus di tes.

Karena ini membawa senjata api, kami harus tahu tempramennya bagaimana pada saat menghadapi situasi di lapangan ketika ada tekanan-tekanan. Bisa nggak mengendalikan dirinya untuk mengamankan orang lain tanpa menggunakan senpi,” bebernya.

Dirinya berharap dengan adanya anggota yang memegang senpi ini, diharapkan mereka bisa mentaati peraturan, tidak lalai dalam melaksanakan tugas dan ,tidak menyalahgunakan penggunaan senpi itu. (dok Humas Respati)

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom

Recent Posts

Tangkal Pengaruh Negatif, Kodim Pati Galakkan Kegiatan ini

Tangkal Pengaruh Negatif, Kodim Pati Galakkan Kegiatan ini PatiNews.Com - Kota, Guna membekali pengetahuan agama serta memperkuat mental bagi para…

17 jam ago

Bahtsul Masail PW NU se-Jateng, Digelar di Ponpes Maslakul Huda Margoyoso Pati

Bahtsul Masail PW NU se-Jateng, Digelar di Ponpes Maslakul Huda Margoyoso Pati PatiNews.Com - Margoyoso, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, sudah…

18 jam ago

Hadiri Final Turnamen Voly Camat Cup, Safin Harap Pemuda Kuatkan Olahraga

Hadiri Final Turnamen Voly Camat Cup, Safin Harap Pemuda Kuatkan Olahraga PatiNews.Com - Jakenan, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengapresiasi…

19 jam ago

Jelang Event PEDA di Tegal, Kontak Tani Nelayan Andalan Pati Sowan Wabup

Jelang Event PEDA di Tegal, Kontak Tani Nelayan Andalan Pati Sowan Wabup PatiNews.Com - Kota, Kekuatan ekonomi Kabupaten Pati ada…

19 jam ago

Tradisi Meron di Sukolilo, Bupati Lepas Ribuan Peserta Karnaval

Tradisi Meron di Sukolilo, Bupati Lepas Ribuan Peserta Karnaval Patinews.com - Sukolilo, Karnaval dan tradisi Meron ini merupakan agenda tahunan…

22 jam ago

Jadi Pahlawan Masa Kini, Dengan Tak Sebar Hoax dan Provokasi

Jadi Pahlawan Masa Kini, Dengan Tak Sebar Hoax dan Provokasi Patinews.com - Kota, Semua warga dapat menjadi pahlawan masa kini.…

23 jam ago