Categories: Berita

Jalan Ronggokusumo Margoyoso Tergenang Air, Perlu Selokan dan Dicor?

Jalan Ronggokusumo Margoyoso Tergenang Air, Perlu Selokan dan Dicor?

Sudah sering Jalan Ronggokusumo ini di beritakan di media. Namun realisasi pembangunan selokan atau gorong-gorong air khususnyadibahu utara jalan sampai sekarang belum terlaksana.

Jalan ini ramai, padat kendaraan yang mewarnai sehari-hari jalan penting ini. Dikatakan ramai dan padat karena memang demikian keadaanya.

Coba saja anda amati jalan ini. Dengan lebar jalan yang ‘ajeg’ dan ‘ketipisan’ aspal yang tidak standar ( baca; tidak layak ) dengan laju padat kendaraan yang lewat. Ada bus malam ( bus ziarah ), truk maupun mobil-mobil berseliweran kesana kemari. Ditambah lagi ramainya kendaraan motor. Komplit dah kepadatan di jalan ini.

Jalan ronggokusumo berada di jalur poros utama Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Berada di 18 KM utara Kota Pati, jalan favorit ini setiap harinya nyaris tak ‘beristirahat ‘. Saya pernah ‘iseng’ mencoba mengukur timgkat kepadatan jalan ini. Khususnya pada sore hari, mata saya belum berkedip kendaraan sudah terlihat melaju ramai.

Hemmm….pikir saya luar biasa jalan ini. Kenapa? Ya karena jalan ini sangat pentimg bagi masyarakat berbagai elemen. Ada pedagang yang menunggui toko, warung berjejer-jejer di sepanjang 2 kilo meter jalan ini. Para pelajar, Guru, PNS lalu.lalang. Tak ketinggalan para wiraswasta yang berkendara sibuk.

Ditambah lagi para pejalan kaki yang santuy. Para santri dan santiwati lalu lalang menuju pesantren dan madrasah. Pokoknya jalan ini seperti ‘tak kenal lelah’ di injak’.

Ada informasi bahwa jalan ini kedepannya akan diberi selokan dibahu utara dan di cor. Kalau memang betul ya baguslah. Saya sebagai masyarakat biasa sangat berharap cepat terealusasi. Kalau berlama-lama jalan para pejabat penting ini ( pernah.dilewati Presiden Gus Dur, banyak Menteri. Birokrat.dan ulana’ besar ) seperti.keadaan yang ‘begini-begini’ saja, ya…..begitu-begitu saja. Maksudbya bila di musim hujan seperti saat ini, banyak titik ‘ngecembong’ air menggenangi sampai tengah jalan.

Bisa kita tebak aspal cepat rusak ( meski ada tambal.sulam yang tidak bertahan lama aspalnya) sangat mengganggu pengendara. Belum lagi pejalan kaki yang terganggu. Saya sih nggak apa-apa, coba tanya orang-orang dari luar daerah / pas ada pejabat penting tiba-tiba lewat jalan ini ya akan berkomentar.

Upaya mengkomunikasikan tentang jalan ini pada stake holder sudah.pernah saya sampaikan.Usaha lewat berbagai.media sudah. Memang dengar-dengar sih sudah di.usulkan peserta Musrembang Kecamatan pada Bapak Bupati. Ya kita tunggulah.
Sabar-sabar…( begitu kata temanku ). Hemmm..santuy saja.

Keterangan Foto : Salah satu titik terbenam air hujan di Jalan Syeh Ronggokusumo di jalur padat ramai kendaraan yang menghubungkan Pertigaan Desa Ngemplak Kidul menuju Pasar Bulumanis Kecamatan Margoyoso.

Usulannya :

  1. Perlu di.bangun selokan air yang standar di bahu utara jalan ini Karena keadaan tidak ada selokan air yang memadai maka jalan aspal akan cepat.rusak.
  2. Setelah selokan jadi selanjutnya dibangun jalan cor yang lebar karena jika.hanya aspal biasa akan.cepat rusak dilalui kendaraan berat.truk dan.bus peziarah di Makam Syeh.Ahmad Mutamakin Kajen.

Keterangan Foto : Salah satu titik terbenam air hujan di Jalan Syeh Ronggokusumo di jalur padat ramai kendaraan yang menghubungkan Pertigaan Desa Ngemplak Kidul menuju Pasar Bulumanis Kecamatan Margoyoso.
Akhirnya kita ‘di suruh’ sabar menunggu. Namun mohonlah kesabaran kami di jawab dengan segera di realisasikan pembangunan selokan atau gorong-goron saluran air di bahu utara jalan dan syukur jalan di cor serta di perlebar. Semoga.

08/01/2020
Imam MA
Warga Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati.

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom

Recent Posts

Ketua Persit Kodim Pati: Jangan Sampai Kesibukan Lupakan Penampilan

Patinews.com - Kota, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXIX Kodim Pati menggelar pertemuan rutin yang dilaksanakan pada hari ini. Rabu, 22…

34 menit ago

Ajukan 1500 Bidang Tanah Untuk PTSL, Warga Desa Dukuhseti Terima Penyuluhan BPN Pati

Patinews.com - Dukuhseti, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pati memberikan pemaparan tentang program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada puluhan warga masyarakat…

2 jam ago

Program Kerja 2020, Bupati Dorong TP PKK Fokus Pada Empat Kegiatan ini

Patinews.com - Kota, Bupati Pati Haryanto mendorong Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pati untuk memfokuskan kegiatan pada program-program…

2 jam ago

10 Pj Kades se Kecamatan Winong Terima SK, Bupati Pati Tegaskan Pelayanan Tak Boleh Terganggu

Patinews.com - Winong, Pengangkatan Penjabat Kepala Desa, diharapkan dapat membantu proses administrasi dan memperlancar pelayanan kepada masyarakat. Hal itu diungkapkan…

3 jam ago

Miliki Area Kebun Durian 25 Hektar, Desa Sampok Gunungwungkal Didorong Jadi Agro Wisata Durian

Miliki Area Kebun Durian 25 Hektar, Desa Sampok Gunungwungkal Didorong Jadi Agro Wisata Durian PatiNews.Com - Gunungwungkal, Untuk meningkatkan potensi…

11 jam ago

Seleksi Pemain, Head Coach Persipa Pertimbangkan Skill, Fisik dan Attitude

Seleksi Pemain, Head Coach Persipa Pertimbangkan Skill, Fisik dan Attitude PatiNews.Com - Kota, Bertempat di Stadion Joyo Kusumo Pati dilaksanakan…

16 jam ago