Jadi Mitra Bawaslu, KUPAT Siap Lakukan Pengawasan Partisipatif

Pengawasan Partisipatif Bawaslu Pati dan KUPAT di Muria Bollroom The Safin Hotel Pati pada tanggal 5 Desember 2019.

Patinews.com – Kota, Menggandeng Komunitas UMKM Kabupaten Pati (KUPAT) Bawaslu Kabupaten Pati mengajak untuk ikut serta dalam melakukan pengawasan partisipatif dalam pemilu di pilkada mendatang. Kegiatan ini dilaksanakan di Muria Bollroom The Safin Hotel Pati pada Kamis, 5 Desember 2019.

Achwan selaku Kordiv. Hukum dan Datin dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pati dengan komunitas UMKM meskipun pemilu sudah selesai dan di Kabupaten Pati juga tidak ada Pilkada.

“Kami mengajak para penggiat UMKM di Kabupaten Pati untuk ikut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan partisipatif. Bawaslu mengajak sejumlah Komunitas ataupun organisasi kelompok masyarakat yang ada di Kabupaten Pati, termasuk komunitas UMKM ini untuk ikut andil menjadi mata dan telinga Bawaslu dalam melakukan pengawasan pemilu,” sambungnya.

Tujuannya, kegiatan sosialisasi ini untuk meminimalisasi kecurangan-kecurangan yang mungkin akan terjadi di pemilu maupun pilkada mendatang.

Kami juga berharap kepada komunitas UMKM Pati atau sering disebut dengan KUPAT, lewat kegiatan sosialisasi ini bisa menumbuhkan semangat dari masyarakat untuk turut mengawasi tahapan pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah dikemudian hari,” harapnya.

Dan pengawasan ini bisa semakin efektif apabila ada informasi dari masyarakat untuk berani mengadu atau melapor segala kejadian kepemiluan kepada Bawaslu. (pn/ dok Bawaslu Pati)