Jadi Agen Perubahan, Dengan Banyak Membaca Buku

Oleh : M. Ali Ridwan, Mahasiswa IPMAFA pati (Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Semester IV).

Orang – orang besar ataupun orang yang berpengaruh di dunia ini bisa dipastikan lahir dari kebiasaan membaca buku, oleh karena itu mereka mampu untuk menghadapi masalah dengan wawasan – wawasannya, tentu wawasan itu tidak lain karena banyaknya membaca buku bacaan.

Di satu sisi, buku juga merupakan sumber informasi, ilmu pengetahuan dan sumber berbagai inspirasi bagi seorang perubahan.

Semakin banyak buku yang kita baca, maka kita lebih siap untuk menhgadapi tantangan baik masa sekarang maupun masa yang akan datang, selain itu orang yang suka membaca buku akan mempunyai rasa optimis yang tinggi untuk masa depannya. Hal itu tak lain karena ilmu pengetahuan dan wawasan yang ia dapatkan dari banyaknya buku yang ia baca.

Kosakata dalam buku sangat banyak sekali, hal ini akan memudahkan seseorang untuk memilih kosakata bahasa untuk menjelaskan seseorang agar mudah di fahami apa yang ia sampaikan. Kemudahan ini juga bermanfaat untuk seseorang untuk berkarya dalam bentuk tulisan, kosakata bahasa juga sangat penting untuk dunia penulisan bahkan ada pepatah mengatakan “penulis yang baik adalah pembaca yang baik”

Baca juga:   Din Syamsuddin Resmikan Gedung RSU Fastabiq Sehat

Saat membaca buku kita juga berlatih konsentrasi, cara berfikir menganalisis masalah dan bagaimana cara kita memunculkan ide – ide dan gagasan kita. Dengan banyaknya ilmu pengalaman dan wawasan ini, seseorang akan mempertimbangkan dengan baik serta mampu berfikir untuk jauh kedepan.

Bagi seseorang yang sudah merasakan kenikmatan membaca buku, saya yakin orang akan membaca buku sebanyak – banyaknya. Bahkan, KH. Sahal Mahfud perintis kampus IPMAFA-Pati mempunyai buku bacaan yang hampir melengkapi satu ruangan.

Karena KH. Sahal Mahfud adalah orang yang sangat gemar dalam membaca buku, menurut salah satu santrinya, Kh. Sahal tidak bisa tidur kalau belum membaca buku.

Betapa sangat berpengaruh dan manfaatnya buku yang harus kita baca, seolah bagi penikmat yang sudah gemar membaca buku dia rela tidur bersama buku – buku kesayangannya. Hal itu tak lain, karena buku adalah sumber inspirasi bagi agen perubahan baru.

(*)

Jadi Agen Perubahan, Dengan Banyak Membaca Buku | patinews.com | 4.5

Leave a Reply