Isi Kekosongan Perangkat, Pemdes Tamansari Jaken Gelar Uji Publik

Isi Kekosongan Perangkat, Pemdes Tamansari Jaken Gelar Uji Publik

Isi Kekosongan Perangkat, Pemdes Tamansari Jaken Gelar Uji Publik

PatiNews.Com – Jaken, Untuk meningkatkan kemampuan dan kekosongan para perangkat desa, Panitia Penjaringan dan penyaringan pemilihan perangkat desa Tamansari melaksanakan uji publik bakal calon perangkat desa yang kosong yaitu sekdes dan kaur pembangunan. (Rabu 20 Desember 2017).

Tujuan Uji publik adalah untuk mengetahui, mengukur dan menilai tingkat kompetensi yang meliputi kualitas pengetahuan di bidang pemerintahan dan kepemimpinan, integritas dan moralitas calon.

Dalam uji publik yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 20 Desember pukul 09.00 wib yang bertempat di balai desa Tamansari tersebut untuk data calon, Calon sekdes, (1) Sudiawan alamat ds Tamansari RT 4 RW 1 pendidikan sarjana S1 tempat tanggal lahir pati 23 Maret 1989. (2) Samsul Arifin alamat ds Tamansari tempat tanggal lahir pati 17 Juni 1989 pendidikan sarjana S1

Sedangkan untuk Calon kasi pembangunan adalah (1). Wahid Imron alamat ds Tamansari RT 1 Rw 2 pendidikan sarjana S1 tempat tanggal lahir pati 12 Oktober 1981, dan (2) Indarti alamat ds Tamansari RT 3 RW 2 pendidikan SMA tempat tanggal lahir pati 9 Oktober 1984.

Gus Amin ST selaku Kades Tamansari dalam sambutannya mengatakan, ”Ini merupakan suatu kehormatan bagi saudara. Karena tidak semua warga bisa mendapatkan kesempatan seperti saudara. Saudara adalah merupakan orang terpilih. Terpilih dalam hal kesempatan yang saudara miliki untuk menjadi unsur pelayan masyarakat. Untuk itu pegang teguh komitmen yang sudah saudara pilih .”

Dalam sambutannya Camat Jaken Drs Rusman mengatakan, “ Uji publik Perangkat Desa ini merupakan suatu upaya untuk mengetahui sampai dimana kemampuan, dedikasi dan semangat kerja serta IQ seseorang dalam bekerja. Karena kwalitas akan menunjukkan kwantitas. Sehingga ini akan sangat berpengaruh dalam menjalankan suatu pekerjaan yang harus di kerjakan sesuai dengan tanggung jawabnya, sehingga akan di peroleh gasil yang maksimal dan sesuai yang diharapkan oleh masyarakat dalam segi pelayanan.”

Dalam kesempatan itu pula Danramil Jaken, Kapten Inf Urip Widodo dalam sambutannya juga menekankan kepada para peserta calon bahwasanya, ”Sekarang ini adalah merupakan era komputerisasi dan tehnologi yang sudah mengarah ke perangkat komputer. Dulu, seleksi perangkat desa masih dipilih langsung oleh Kepala Desanya. Namun, sekarang seleksi perangkat desa harus mengikuti mekanisme yang perkembangan jaman dan tehnologi.”.

Lebih lanjut Danramil menjelaskan, ”Sebagai calon perangkat desa harus tahu akan tugas dan tanggung jawab masing masing. Saudara mencalonkan diri bukan untuk dilayani oleh masyarakat, tapi saudara mencalonkan diri sebagai pelayan masyarakat. Jadi layani masyarakat sesuai dengan harapan mereka”.

AKP. Teguh Heri Rusianto SH. selaku Kapolsek menekankan kepada para calon perangkat desa agar selalu memegang prinsip sebagai unsur pelayan masyarakat. ” Saudara harus mempunyai dedikasi, motivasi dan semangat kerja untuk melayani masyarakat. Pegang selalu prinsip saudara, bahwa saudara di pilih untuk meringankan beban masyarakat dalam segi pelayanan publik yang mana semua ini serba cepat dan serba transparan. Jangan menambah beban kepada pihak desa apalagi masyarakat”.

Sementara itu ketua panitia Matnasir menyampaikan ”Bakal calon yang dinyatakan lolos uji publik sebanyak 4 orang calon. Masing masing untuk sekdes 2 orang dan kaur pemerintahan 2 orang. Di harapkan saudara dapat bersaing dengan sehat. Dan diharapkan seluruh elemen masyarakat dan panitia yang ada dapat memberikan solusi yang tepat agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar”. (dok Pendim)

 

Isi Kekosongan Perangkat, Pemdes Tamansari Jaken Gelar Uji Publik | patinews.com | 4.5

Leave a Reply