Categories: Berita

Intip Sejarah Singkat Toyota Land Cruiser, Mobil Legendaris yang Tangguh

Intip Sejarah Singkat Toyota Land Cruiser, Mobil Legendaris yang Tangguh

Toyota Land Cruiser merupakan salah satu mobil mewah besutan Toyota dan merupakan mimpi dari pendiri Toyota, yaitu Kiichiro Toyota, yang menginginkan sebuah mobil dengan performa tinggi, ekonomis, dan harga terjangkau.

Dapat Menaklukkan Gunung Fuji

Pada Januari 1951, prototipe Toyota Land Cruiser pertama kali dibuat dan diberi kode BJ, yaitu sebuah sasis truk 1 ton dengan mesin bensin 3.386 cc 6 silinder berbahan bakar bensin.

Enam bulan kemudian, Ichiro Taira menjadi test driver yang membawa Toyota Land Cruiser ini menuju 6-10 cek poin di Gunung Fuji, Jepang, setinggi 3.775 m. Banyak pihak yang meragukan kemampuan mobil prototipe tersebut. Namun nyatanya, Land Cruiser dapat menaklukan Gunung Fuji dan namanya terkenal di seluruh dunia.
Seri FJ40 Sebagai Mobil Militer
Sudah lebih dari 40 tahun, Toyota menjejakkan kaki di Indonesia melalui seri Land Cruiser FJ40.

Harga Toyota Land Cruiser FJ40 ini mencapai ratusan juta rupiah karena unitnya terawat dan masih asli sejak tahun 1970-1980an. Mobil tersebut juga tidak hanya dikenal mewah tapi juga tangguh dan nyaman.

Ketangguhan Toyota Land Cruiser yang dapat menembus medan barat ditandai dengan banyaknya model yang digunakan untuk kepentingan militer. Termasuk PBB, banyak negara di dunia yang menggunakan mobil jenis SUV tersebut.

Seri 80 Lebih Dikenal

Dari banyaknya model yang dimiliki Toyota Land Cruiser, salah satu modelnya yang paling banyak mencuri perhatian adalah Land Cruiser Seri 80 atau akrab dipanggil VX di Indonesia. Sebagai informasi, mobil ini pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show 1989. Selain itu, Toyota Land Cruiser Seri 80 merupakan penerus dari Seri 60 tahun 1980 – 1989.

Perubahan mobil besutan Toyota tersebut dari Seri 60 ke Seri 80 dinilai sangat drastis jika dibandingkan dengan transisi dari Seri 50 ke 60. Ini disebabkan Toyota Land Cruiser Seri 60 dibuat sebagai mobil off-road yang mewah, fashionable, dan nyaman dikendarai.

Suspensi per daun atau leaf spring-nya yang dapat menopang ketangguhan mobil tersebut selama 40 tahun telah diganti dengan per keong (coil spring) pada bagian depan dan belakang, termasuk gardan rigid untuk memberikan kenyamanan berkendara tanpa mengorbankan kemampuan off-road.
Di Tanah Air, Toyota Land Cruiser Seri 80 resmi masuk melalui PT Toyota-Astra Motor pada tahun 1995 silam hanya dengan menggunakan mesin diesel, baik turbo (1HD-T) maupun tanpa turbo (1HZ).

Seri 100 dan 200 Dipakai Presiden RI
Di tahun 2000, Toyota Land Cruiser Seri 100 rilis dan dilanjutkan dengan Seri 200. Kedua mobil ini memiliki citra yang kuat sebagai mobil mewah dan tangguh dengan memiliki berbagai fitur off-road yang modern.

Sebagai informasi, mobil ini termasuk salah satu mobil Kepresidenan RI yang digunakan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi daerah yang cukup sulit dilalui dengan kendaraan biasa.

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020