Inovasi Bioreaktor Kapal Selam, Ubah Limbah Organik Jadi Pupuk dan Energi

Hebat, Dua Karya Teknologi Warga Pati Sabet Penghargaan Nasional Kemenristekdikti
Hebat, Dua Karya Teknologi Warga Pati Sabet Penghargaan Nasional Kemenristekdikti

Patinews.com – Kota, Dengan Produk Inovasi Bioreaktor Kapal Selam, salah satu warga Pati, M Sobri berhasil meraih peringkat ketiga pada Kategori Labdha Kretya Sub Kategori Pengembangan Sumber Daya Alam pada ajang Anugerah lptek dan Inovasi Nasional.

Penghargaan bergengsi di bidang teknologi tersebut diserahkan langsung oleh Menristekdikti RI Muhammad Nasir pada Malam Apresiasi Peringatan Hari Teknologi Nasional (Harteknas) Tahun 2019 di Denpasar, Bali, Selasa (27/8) malam.

“Dengan Produk Inovasi Bioreaktor Kapal Selam, M Sobri berhasil mengubah limbah organik industri pertanian seperti kotoran ternak dan sampah organik menjadi pupuk organik dan energi”, jelas Bupati Haryanto Haryanto.

Sobri adalah lulusan S3 jurusan Ilmu Nutrisi dan Pakan Peternakan dari Institut Pertanian Bogor melakukan penelitian dan pengembangan selama tiga tahun sejak 2013 untuk menciptakan produk inovasi bioreaktor kapal selam. Pada 2017, Sobri bahkan mendapatkan paten atas produk tersebut.

Baca juga:   Peringati Hari Pers Nasional, Bupati Pati Ajak Perangi Hoax

Sementara itu, M Sobri (47) menuturkan, dengan penggunaan alatnya itu, proses fermentasi limbah organik misal limbah industri tapioka, kotoran ternak, sampah organik dapat menghasilkan pupuk organik dan gas yang dapat dikonversi menjadi energi listrik yang kemudian dimanfaatkan oleh warga Desa Langse Kecamatan Margorejo.

Diversifikasi gas yang dihasilkan dari proses fermentasi dengan bioreaktor itu dapat dijadikan sebagai sumber energi untuk memberikan pencahayaan, menyalakan kompor dan untuk mekanik traktor. (pn/ *hms)

Inovasi Bioreaktor Kapal Selam, Ubah Limbah Organik Jadi Pupuk dan Energi | patinews.com | 4.5

Leave a Reply