Inovasi Bahan Pangan Lokal, Jadi Oleh – oleh Khas Pati

Inovasi Bahan Pangan Lokal, Jadi Oleh – oleh Khas Pati

PatiNews.Com – Kota, Festival Pangan Lokal Kabupaten Pati yang diprakarsai oleh Dinas Ketahanan Pangan (Distapang) Kabupaten Pati digelar di Alun- alun Simpang Lima Pati.

Festival yang berlangsung pada tanggal 3-4 November 2018 ini, mengangkat tema “lokal panganku, sejahtera desaku” dengan berbagai rangkaian acara yang diikuti oleh organisasi perangkat daerah, pameran UMKM, aneka lomba dan seminar UMKM dengan menggandeng salah satu e-commerce.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati, Sujono menuturkan bahwa salah satu tujuan diadakannya festival ini yaitu untuk memperkenalkan potensi makanan lokal non beras. Ia mengatakan, pentingnya mengonsumsi makanan lokal non beras, agar masyarakat tidak ketergantungan beras.

“Sebab masih banyak kandungan karbohidrat berasal dari sumber makanan lain seperti jagung, ketela dan umbi-umbian,” ujarnya.

Baca juga:   Persit Kodim Pati, Raih Juara Tiga Lomba Seni Tari Tingkat Jateng dan DIY

Dalam festival ini, juga dimeriahkan dengan beragam kegiatan, seperti senam, pembagian jamu, pameran UMKM, aneka lomba dan lainnya. Salah satu lomba yang digelar adalah lomba inovasi pangan lokal. “Jadi bagaimana masyarakat berkompetisi mengolah makanan lokal yang non beras,” kata Kepala Distapang itu.

Ia menambahkan, melalui kreasi olahan kuliner non beras diharapkan akan bermunculan oleh- oleh khas Pati. Kuliner tradisional seperti nasi jagung, getuk, tiwul, klepon, lopis dan lainnya dikreasikan menjadi makanan yang menarik minat beli.

“Harapannya nanti hasil makanan dari acara ini dapat menjadi oleh-oleh khas Pati, sehingga anak-anak menjadi lebih tahu bahwa pangan lokal juga banyak disini, bahkan memiliki banyak kelebihan seperti gizi dan manfaat yang beragam,” tandasnya. (pn/ hms)

Inovasi Bahan Pangan Lokal, Jadi Oleh – oleh Khas Pati | patinews.com | 4.5

Leave a Reply