Ini Pesan Anggota Koramil 01 Pati Kepada Pelajar SMAN 1 Pati

Ini Pesan Anggota Koramil 01 Pati Kepada Pelajar SMAN 1 Pati

Ini Pesan Anggota Koramil 01 Pati Kepada Pelajar SMAN 1 Pati

Patinews.com – Kota, Hari Senin menjadi awal semangat bagi siswa-siswi untuk memulai kegiatan belajar mengajar. Seperti yang terlihat  pada pagi ini ketika rombongan dari Koramil 01/Pati mendatangi sebuah sekolahan tingkat atas yang menjadi kebanggaan bagi warga Pati, SMA NEGERI 1 PATI. 
Sekolahan yang terletak disisi selatan jalur pantura yang menghubungkan Semarang-Surabaya tepatnya di Jalan Panglima Sudirman no 24 Pati,Kesan tertib, rapi dan disiplin serta penuh semangat terpancar dari raut wajah siswa-siswi yang mulai memasuki gerbang sekolahan yang menjadi favorit bagi siswa-siswi Pati untuk melanjutkan jenjang pendidikannya. 
Begitupun sambutan ramah dari Bp Hendro Prasetyo yang menjadi wakil kepala sekolah bidang kesiswaan ketika rombongan Koramil 01/Pati sebanyak 6 personil dengan pimpinan Komandan Koramil 01/Pati Kapten Kav Suyatno memasuki lobi transit untuk selanjutnya diterima oleh Kepala Sekolah Bp Budi Santoso S.pd, M.pd, M.si
Kedatangan personil Koramil 01/Pati adalah dalam rangka menjadi Pembina pada Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. 

Menjadi pembina upacara disekolah-sekolah baik sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama maupun sekolah lanjutan atas pada saat upacara pengibaran bendera adalah agend rutin yang menjadi program kerja Koramil 01/Pati dalam rangka untuk memberikan motivasi kebangsaan bagi siswa-siswi untuk lebih memupuk, memperkokoh dan mempertebal rasa Nasionalis, Cinta Tanah Air siswa-siswi sekolah kepada Negara dan Bangsa, demikian disampaikan oleh Komandan Koramil 01/Pati kepada Kepala Sekolah. 
Sementara itu dilapangan Upacara yang terletak di tengah bangunan-bangunan sekolahan tampak ratusan siswa-siswi sudah berbaris tertib, rapi untuk khidmat mengikuti berlangsungnya Upacara yang sudah rutin dilaksanakan setiap hari Senin. 

Sementara menunggu dimulainya Upacara Babinsa Plangitan Serda Anang F, yang pada hari ini mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan pelaksanaan upacara sedang mengecek petugas-petugas upacara guna memastikan tidak ada kekurangan agar tidak ada kekeliruan dan menghimbau kepada seluruh peserta upacara agar tertib dan khidmat dalam mengikuti pelaksanaan upacara. 
Tepat jam 07.00 WIB upacara yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi, guru pembimbing dan staff dimulai dengan susunan upacara sesuai Tata Upacara Sekolah. 

Amanat Pembina upacara, dengan poin-poin sebagai berikut :

* Dengan adanya pandangan dari sebagian kelompok kecil masyarakat yang ingin merubah Ideologi negara kepada siswa-siswi dan seluruh peserta upacara agar tetap menjaga Persatuan dan Kesatuan memupuk, memperkokoh dan mempertebal semangat Nasionalis,rasa Cinta Tanah Air,dengan memegang teguh 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945,NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. 

*Selalu siap dan waspada meningkatkan kepekaan akan ancaman perubahan ideologi, faham radikal,terorisme, peredaran narkoba, disintegrasi bangsa, pengaruh negatif media sosial yang menggerus dan merusak moral budaya luhur bangsa Indonesia yang sangat mengancam Persatuan dan Kesatuan yang saat ini terjadi. 

Baca juga:   Kabisat Salafiyah Kajen Gelar Reuni Akbar dan Buka bersama, Ini Jadwalnya

*Mengajak peran aktif para siswa, pendidik, serta aktivitas pendidikan untuk bersama-sama menjaga Pancasila. 

*Meningkatkan pemahaman dan pengalaman Pancasila. 

Fokus untuk Pendalaman Kegiatan sehari-hari dengan berdasarkan Pancasila. 

*Mengembangkan pendidikan etika, moral, karakter yang melandaskan pada nilai-nilai yang terkandung dalam butir-butir dari Sila-Sila pada Pancasila. 

* Bahu-membahu untuk menggapai cita-cita bangsa sesuai Pancasila dan UUD 1945,menyatukan hati dan pikiran mengerahkan segala kemampuan, waktu dan tenaga untuk mempererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa. 

Kembali kepada jati diri bangsa yang santun, berjiwa gotong royong, toleran dan semangat rela berkorban untuk menuju Bangsa Indonesia yang adil, bangsa yang makmur, dan bermartabat di mata Internasional. 

*Kepada para siswa agar selalu semangat dan tekun dalam belajar, rajin, disiplin taat pada aturan-aturan sekolah. 

*Hormat dan patuh kepada guru serta menjadi pribadi yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. 

Setelah upacara selesai seluruh siswa dan siswi peserta upacara tetap tertib dan rapi memasuki kelas masing-masing untuk mengikuti proses kegiatan belajar dan mengajar. 

Sementara rombongan dari Koramil 01/Pati melaksanakan ramah tamah dengan Kepala Sekolah yang didampingi oleh Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. 

Dalam kesempatan ramah tamah itu Kepala sekolah menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas kedatangan rombongan dari Koramil 01/Pati dan apresiasi kepada Komandan Koramil 01/Pati yang telah bersedia untuk menjadi Pembina upacara. 

Komandan Koramil 01/Pati juga menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang berlangsung dengan tertib dan Khidmat. 

Juga menyampaikan apresiasi khusus bagi petugas-petugas upacara yang terlihat sangat terlatih, tegap dan tegas serta tidak ada kesalahan.

Hal demikian merupakan cerminan bahwa siswa-siswi SMU N 1 Pati sangat disiplin, mempunyai semangat Nasionalis yang tinggi dan berharap agar hal-hal demikian selalu untuk ditingkatkan. 

Hal itu tidak terlepas dari kaderisasi yang dilaksanakan oleh siswa-siswi disekolah yang tergabung dalam  GASTRA dan PASKIB yang merupakan kegiatan ekstrakurikuler untuk menyiapkan, melatih dan mendidik para siswa siap menjadi generasi penerus perjuangan bangsa. 

kegiatan ekstrakurikuler tersebut dilaksanakan dengan asuhan dari para senior dan pembinaan dari Babinsa Plangitan,demikian disampaikan oleh Kepala sekolah. 

Harapan dari Wakil Kepala sekolah bidang kesiswaan adalah agar dari Koramil 01/Pati rutin selalu memberikan pembinaan tentang kedisiplinan dan memberikan Wawasan Kebangsaan kepada para siswa di SMU N 1 Pati supaya para siswa selalu memupuk, memperkokoh dan mempertebal rasa kebangsaan. 
Kegiatan ramah tamah yang sangat terasa dengan suasana kekeluargaan tersebut diakhiri dengan foto bersama rombongan Koramil 01/Pati dengan Kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan di halaman depan SMU N 1 Pati.

Ini Pesan Anggota Koramil 01 Pati Kepada Pelajar SMAN 1 Pati | patinews.com | 4.5

Leave a Reply