HMPS Perbankan Syariah IPMAFA, Gelar Talk Show Peringatan Hari Ibu

Patinews.com – Margoyoso, Sabtu, 21 Desember 2019 Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah menggelar pelaksanaan Talk Show dalam rangka Peringatan Hari Ibu.

Talk Show yang dihadiri sekitar 90 peserta ini mengambil tema tentang Peran Perempuan dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor 1 Bidang akademik IPMAFA Dr. A. Dimyati menjelaskan bahwa sekalipun tradisi peringatan hari ibu ini lahir dari masyarakat barat, tidak bisa dipungkiri bahwa dalam ajaran Islam pun seorang ibu memiliki posisi yang sangat mulia dan harus dimuliakan, dalam konteks keindonesiaan isu gender yang notabenya membahas tentang perempuan marak dibicarakan seiring dengan peran aktif dan strategis perempuan dari dulu sampai sekarang yang semakin eksis dalam kehidupan keluarga maupun bermasyarakat, maka dari itu tidak sesuatu yang tabu kalau saat ini peringatan hari ibu ini dilakukan sebagai wujud penghargaan kepada para ibu yang telah berjuang dalam kehidupan.

Acara yang dimulai pukul 09.30 s.d 12.00 Ini dihadiri oleh 2 Narasumber, yakni Inayatul Ulya, M.Si. dan Umini dan dipimpin langsung oleh Kaprodi Perbankan Syariah Puji Lestari. kedua narasumber yang berbicara dalam talk show ini mencerminkan contoh sosok seorang perempuan yang memiliki ketangguhan dalam perannya sebagai ibu rumah tangga sekaligus sebagai salah satu sumber penopang perekonomian keluarga yang sukses mewujudkan kesuksesan keluarga bahkan kesejahteraan masyarakat.

Inayatul Ulya sebagai narasumber pertama adalah seorang Dosen Edupreneurship, dalam materinya Inayatul Ulya menjelaskan tentang bagaimana seorang wanita berpeluang dan bisa melangkah menjadi seorang enterpreneur sukses tanpa meninggalkan tugas utamanya sebagai seorang ibu untuk mendidik anak anaknya. Perempuan harus memiliki bekal kewirausahaan dan ini harus dibentuk dan difasilitasi ketika masih dalam proses pendidikan. Mindset bahwa kesejahteraan itu hanya dapat didapat dengan menjadi seorang karyawan harus sedikit digeser dengan meyakini bahwa menjadi enterpreneur juga menjadi salah satu peluang untuk mencapai kesuksesan. Karakter enterpreneur seperti percaya diri, jujur, tekun, ulet, kreatif serta inovatif harus dimiliki oleh setiap wanita agar dapat berkontribusi dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga tanpa mengesampingkan tugas utamanya.

Umini sebagai narasumber kedua menjelaskan bagaimana proses dirinya menjadi seorang ibu sekaligus wanita karir yang sukses, Disamping perannya sebagai ibu rumah tangga Narasumber kedua ini merupakan perintis awal sekaligus pengelola perusahaan2 yang saat ini sudah memiliki aset milyaran rupah, sampai saat ini umini aktif sebagai General Manajer di KSPPS Artha Bahana Syariah, Komisaris di beberapa usaha yang dirintisnya yang bergerak dalam bidang transportrasi dan ekspor perikanan, sampai dengan detik ini dia masih terus mengembangkan bisnisnya yang berorientasi pada teknologi digital. Dalam materinya Umini menjelaskan bawa menjadi seorang perempuan bukanlah suatu halangan untuk menjadi enterpreneur sukses yang mampu menjadi salah satu sumber kesejahteraan keluarga.

Dia menekankan bawa wanita harus tangguh, niat yang tulus dan keinginan yang kuat serta tujuan yang jelas merupakan modal utama dalam berpartner dengan suami untuk mewujudkan kesejahteraan. lebih lanjut dia juga menjelaskan bahwa kegagalan-kegagalan yang ditemui ditengah-tengah pengelolaan usaha seharusnya tidak dijadikan sebagai alasan keputus asaan, melainkan sebagai pengalaman pembelajaran untuk menjadi seorang wanita enterpreneur yang cerdas dan tangguh serta kuat dalam mewujudkan kesuksesan keluarga.

Setelah semua narasumber menyampaikan materi dan dilanjutkan dengan diskusi bersama peserta, acara ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Sekertaris Prodi Perbankan Syariah IPMAFA Khabib Solihin.

Point yang dapat diambil dalam Talk Show Hari Ibu ini adalah, wanita yang memiliki tugas utama sebagai ibu rumah tangga juga memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan diri menjadi seorang wirausahawan yang sukses dan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga. (*)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Resmi, Pasar Tayu Kini Bersertifikat SNI

Patinews.com - Jateng, Pasar Tayu kini telah resmi bersertifikat SNI (Standart Nasional Indonesia). Sertifikat tersebut…

7 menit ago

Atasi Luapan Air di Jalur Pati – Juwana, Kali Simo Segera Dinormalisasi

Patinews.com - Kota, Luapan ari dari aliran kali Simo yang melanda Jalan Pati- Jwuana terjadi…

3 jam ago

Marak Produk Kecantikan Berbahaya, Bupati Minta Masyarakat Selektif Pilih Perawatan

Marak Produk Kecantikan Berbahaya, Bupati Minta Masyarakat Selektif Pilih Perawatan PatiNews.Com - Kota, Bupati Pati…

5 jam ago

Tak Kuat Menahan Derasnya Arus Sungai, Jembatan di Dukuh Cari’an Kayen Putus

Tak Kuat Menahan Derasnya Arus Sungai, Jembatan di Dukuh Cari'an Kayen Putus PatiNews.Com - Kayen,…

8 jam ago

Banyak Motor Mogok Akibat Terjang Luapan Air, Kasatlantas Polres Pati Terjun Langsung

Banyak Motor Mogok Akibat Terjang Luapan Air, Kasatlantas Polres Pati Terjun Langsung PatiNews.Com - Kota,…

8 jam ago

Tergerus Arus Sungai, Kandang Sapi di Margorejo Roboh

Tergerus Arus Sungai, Kandang Sapi di Margorejo Roboh PatiNews.Com - Margorejo, Curah hujan yang tinggi…

9 jam ago