Gunung Andong, Wisata Alam Cocok untuk Pendakian Gunung Bareng Keluarga

Gunung Andong, Wisata Alam Cocok untuk Pendakian Gunung Bareng Keluarga

Menikmati keindahan alam Indonesia bisa dengan banyak cara. Salah satunya dengan mendaki gunung yang banyak di Indonesia. Gunung Andong salah satunya. Gunung dengan ketinggian 1726 MDPL sangat cocok bagi keluarga yang ingin liburan ke puncak gunung. Selain tidak terlalu tinggi Gunung Andong yang terletak di dekat wisata Kopeng ini sudah dilengkapi dengan berbagai sarana untuk mempermudah akses ke puncak. Puncak Gunung Andong dapat ditempuh dengan dua jam pendakian santai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Dengan ketinggian 1726 MDPL sangat cocok bagi pendaki pemula dan pendakian bersama keluarga. Akses yang mudah untuk menuju basecamp menjadi salah satu pendukung. Basecamp Sawit adalah tempat titik awal dimana kita mulai berjalan untuk ke puncak Gunung Andong. Fasilitas parkir kendaraan, tempat penginapan seadanya dan pendukung lainnya sudah dipersiapkan oleh pengelola. Pos pendaftaran untuk para pendaki pun sudah tersedia sehingga bisa memantau pendaki-pendaki yang meunju puncak gunung.

Selain itu akses jalan sudah disusun tangga berundak dari batu, memang tidak semua dibuat tangga sehingga tetap tercipta alami jalur tracking menuju puncak. Pendakian Gunung Andong dibagi beberapa pos sehingga bagi pendaki yang merasa ingin istirahat sejenak bisa memanfaatkan pos pos ini.

Baca juga:   Waduk Gunung Rowo, Wisata Air di Lereng Gunung Muria

Bagi para pendaki yang tidak membawa bekal dan peralatanpun tidak masalah di Gunung Andong ini, karena di puncak ada kantin yang menyipakan berbagai minuman hangat dan makanan ala kadarnya untuk sekedar menghilangkan rasa dingin dan lapar. Secangkir kopi dan beberapa mendoan siap mengisi perut para pendaki yang tidak membawa bekal. Itulah sisi lain dari uniknya pendakian di Gunung Andong.

Meski ketinggiannya tak seberapa dibanding gunung-gunung yang tinggi di Jawa Tengah, Gunung Andong ini memiliki pemandangan yang tak kalah memukau. Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, dan Telomoyo terlihat gagah dan memanjakan mata diliat dari puncak Andong.

Hamparan lahan pertanian nan subur, kota Salatiga nun jauh di bawah sangat memanjakan mata bagi pendaki pemula maupun traveler yang ingin menikmati perjalanan pendakian ini.

Maka tidak lah salah kalau Gunung Andong ini dijadikan tujuan wisata alam bagi keluarga selain tempat-tempat wisata yang bertaburan di daerah-daerah dengan berbagai fasilitas yang cukup memukau seperti water boom, wisata kuliner, desa wisata dan masih banyak lagi. Tinggal bagaimana kita merencanakan liburan bagi keluarga. (pn/ sl)

Gunung Andong, Wisata Alam Cocok untuk Pendakian Gunung Bareng Keluarga | patinews.com | 4.5

Leave a Reply