GP Ansor Jateng Adakan PKL dan Susbalan di Kayen Pati

GP Ansor Jateng Adakan PKL dan Susbalan di Kayen Pati
GP Ansor Jateng Adakan PKL dan Susbalan di Kayen Pati

Jum’at, 10 Januari 2020,

Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah menggelar Pelatihan Kepemimpinan Lanjut ( PKL)  dan Kursus Banser Lanjutan ( Susbalan ). Kegiatan berlangsung sejak Jumat hingga Senin ( 10-13/1) di Pondok Thariqoh Naqsyabandiyyah Kholidiyyah Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati.

Jumlah peserta PKL dan Susbalan kali ini berjumlah 106. Kebanyakan berasal dari Kabupaten Pati dan sekitarnya. Namun juga ada yang berasal dari daerah Cilegon, Salatiga dan daerah Jawa Timur. Dalam pelaksanaan PKL dan Susbalan ini terlihat beberapa Pengurus penting seperti Ketua PC GP Ansor Pati, Itkhonul Khakim, Kasatkorcab Pati, Komandan Banser Sahabat Arba’in,  beberapa Pengurus Wilayah ( PW ) GP Ansor, Sesepuh dan Ulama’ Desa Srikaton, Kayen dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan Gerakan Pemuda Ansor yang bernama PKL dan Susbalan ini memang menjadi program rutin yang terus di laksanakan di berbagai daerah. PKL merupakan proses pendidikan dan pelatihan kader jenjang lanjutan dalam sistem dan proses  kaderisasi GP Ansor yang diorientasikan untuk pengembangan kemampuan keorganisasian. Tujuannya adalah membentuk watak kepemimpinan yang sesuai dengan ajaran Islam yang berhaluan ahlussunah wal jama’ah An-nahdliyyah dalam konteks kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Dalam pelaksanaan PKL dan Susbalan di Kayen-Pati ini terlihat semangat dan antusias dari wajah para peserta. Merela rela meninggalkan keluarga di rumah demi mengikuti kegiatan PKL dan Susbalan ini.   ” Saya sebagai peserra PKL Ansor merasa senang dan penuh semangat mengikuti kegiatan ini. Saya rela meninggalkan anak istri di rumah beberapa hari”, kata Sahabat Imam  salah satu peserta PKL dari Kecamatan Margoyoso. Demikian juga pendapat dari peserta Susbalan dari Desa Pangkalan, Sahabat Sudarwadi yang mengatakan bahwa kami mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan niat lillahi ta’ala. Saat penulis berbincang-bincang dengan beberapa peserta PKL dan Susbalan rata-rata mengungkapkan senang dan ikhlas mengikuti kegiatan ini.

Baca juga:   Bersama Tiga Pilar, Polsek Sukolilo Gelar Jalan Sehat

Ketua Pimpinan Wilayah (PW ) GP Ansor, Sholahudin Aly ( Gus Sholah ) mengatakan PKL dan Susbalan adalah tahap kaderisasi tingkat perwira menengah untuk meningkatkan kwalitas kader Ansor.  Ketua PC GP Ansor Pati Itkhonul Khakim memberikan apresiasi dan semangat kepada para sahabat peserta PKL dan Susbalan.

Diharapkan dengan dilaksanakannya PKL dan Susbalan ini ke depannya semakin banyak kader-kader Ansor dan Banser yang berkualitas sehingga mampu  memaksimalkan peran serta di masyarakat. 

Puncak acara kegiatan PKL dan Susbalan yakni Pemba’iatan kepada peaerta. Dalam proses pembai’atan di laksanakan dengan seksama dan khidmat. Jajaran Pengurus Wilayah dan Kabupaten hadir. Juga turut di undang Sesepuh dan Kyai Desa Srikaton, Kayen-Pati.

Alhamdulillah secara keseluruhan kegiatan PKL dan Susbalan di Kayen -Pati ini berjalan dengan sukses. Semoga para alumni PKL dan Susbalan dapat mengamalkan ilmunya dengan baik.

Penulis : Imam Muhlis Ali
Sekretaris PAC GP Ansor Margoyoso – Pati
Anggota Banser Satkoryon Margoyoso
Pengurus LTMNU Cabang Pati
Pendidik di MI Darun Najah

Keterangan foto : Ketua GP Ansor Jawa Tengah, Sholahudin Aly saat memba’iat Peserta PKL dan Susbalan.

GP Ansor Jateng Adakan PKL dan Susbalan di Kayen Pati | patinews.com | 4.5

Leave a Reply