Gandeng Shopee, Tim KKN UMK Desa Sendangsoko Gelar Pelatihan Bisnis Online

Gandeng Shopee, Tim KKN UMK Desa Sendangsoko Gelar Pelatihan Bisnis Online
Gandeng Shopee, Tim KKN UMK Desa Sendangsoko Gelar Pelatihan Bisnis Online

Patinews.com – Jakenan, Indonesia memiliki sumber daya manusia yang sangat tinggi, termasuk dalam sektor wirausaha. Namun, banyaknya jumlah UMKM tersebut tidak menjamin bahwa mereka memiliki sektor pemasaran yang merata.

Pasalnya, tidak semua masyarakat bisa membeli produk karena produk tersebut hanya dipasarkan di satu tempat saja.

Presiden RI dalam wawancaranya dengan salah satu media nasional mengatakan, ada 56 juta UMKM di negara kita, jumlah yang sangat besar sekali.

Namun ada banyak problem di UMKM kita, bagaimana membangun brand, desain yang mengikuti pasar, membuat kemasan agar menarik pembeli dan persoalan lain yang menyangkut modal, akses ke pasar.

Keresahan atas problem tersebut kemudian menjadi landasan Tim KKN Tematik PPM UMK 2019 Desa Sendangsoko Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati untuk mengadakan sebuah kegiatan yang bisa memberikan akses pasar yang merata bagi pelaku dan calon pelaku UMKM di Indonesia khususnya di Kabupaten Pati.

Kemudian Tim KKN UMK Desa Sendangsoko menggandeng Shopee dalam mengadakan kegiatan pada tanggal 22 Agustus 2019 di Balai Desa Sendangsoko dengan tema “Potensi Berbisnis Melalui e-Commerce di Indonesia” agar produk UMKM bisa memiliki akses pasar yang luas.

Mohammad Nur Fawaiq, kordes KKN Desa Sendangsoko mengatakan, di era digital seperti sekarang ini, platform e-commerce yang ramah pedagang UMKM bisa menjadi salah satu akses penjual ke pasar yang sangat luas.

“Kita bisa menjual apa saja hanya dengan bermodalkan sebuah ponsel pintar, internet dan jari tangan saja,” katanya dalam wawancara sebelum acara, Kamis (22/8/2019).

Baca juga:   Gelapkan Dana Nasabah 4,2 Milyar, Hakim Vonis Ketua Koperasi AJM 11 Tahun Penjara

Sementara itu, menurut Johan, salah satu perwakilan dari Shopee Indonesia untuk area Kudus dan sekitarnya menyebutkan bahwa cara menjual produk yang efektif salah satunya adalah dengan membuat deskripsi produk semenarik mungkin.

“Biasanya pembeli akan tertarik ketika mereka membaca deskripsi dan brand produk yang menarik, ditambah dengan kemasan yang dibentuk sedemikian rupa, bisa menarik pelanggan untuk mencobanya,” ujar Johan dalam acara yang dihadiri sekitar 30-an tersebut.

Dalam acara pelatihan UMKM ini, seluruh peserta dibina untuk bisa membuat produk yang mereka jual lebih terlihat menarik.

Peserta diajarkan cara membuat akun, membuat toko, posting produk, menambahkan deskripsi produk dengan cara yang menarik perhatian serta memberikan tips daftar fitur gratis ongkir di waktu yang tepat kepada para pelaku UMKM. Selain itu peserta juga bisa bergabung di grup WA untuk bimbel yang dibimbing oleh pihak Shopee.

Setelah acara ini selesai, diharapkan peserta bisa menemukan cara yang tepat dalam memasarkan produk mereka.

Dengan diperkenalkannya peserta dengan platform digital, diharapkan jumlah penjualan dari produk yang mereka buat bisa meningkat.

Tentu, cara yang digunakan akan jauh lebih mudah dan bisa membuat pemasukan lebih tinggi untuk UMKM tersebut dan mereka bisa menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja di Pati. (*)

Gandeng Shopee, Tim KKN UMK Desa Sendangsoko Gelar Pelatihan Bisnis Online | patinews.com | 4.5

Leave a Reply