Gandeng KKMI, Kemenag Pati Adakan Workshop Aplikasi Rapor Digital Madrasah Ibtidaiyah

Gandeng KKMI, Kemenag Pati Adakan Workshop Aplikasi Rapor Digital Madrasah Ibtidaiyah

PatiNews.Com – Kota, Bersama Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI), Kantor Kemenag Kabupaten Pati menggelar Workshop Sosialisasi Aplikasi Rapor Digital atau yang dikenal dengan istilah ARD tingkat Madrasah ibtidaiyah (MI), bertempat di salah satu ruang kelas MAN 1 Pati. Jum’at (13 Desember 2019).

Peserta sosialisasi ini meliputi guru dan operator MI se Kabupaten Pati sebanyak 176 orang serta menghadirkan 3 (tiga) orang nara sumber Sabiqul, Rifki dan Risya Taufiq yang merupakan help desk dari Provinsi Jawa Tengah.

Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Pati, Ruhani saat membuka kegiatan ini menyampaikan, dengan adanya Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) menjadi mitra Kementerian Agama yang sangat strategis utamanya sebagai wadah pembinaan dan kerjasama antara kepala dan guru Madrasah Ibtidaiyah untuk menyamakan visi, misi dan persepsi dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah di lingkungan Kantor Kementerian Agama.

Termasuk dalam meneruskan regulasi dan kebijakan dari pusat maupun wilayah, maka di harapkan bisa mendorong dan memprakarsai pembaharuan dengan menyelenggarakan usaha dan kegiatan yang menunjang pelaksanaan proses pembelajaran, menampung dan menyatukan aspirasi anggota dan berperan aktif dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu MI, jelasnya.

Kegiatan sosialisasi ARD MI merupakan langkah persiapan untuk melaksanakan sistem digitalisasi penilaian atau penginputan nilai raport hasil belajar siswa pada tingkat MI dibawah naungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati.

“Di zaman modern ini, sistem digitalisasi adalah sesuatu hal yang mesti kita ikuti dan kuasai. Karena kalau tidak, maka kita akan menjadi orang yang dianggap kuno dan ketinggalan zaman,” sambung Ruhani.

Dia juga menuturkan bahwa satu hal yang mesti dimaklumi adalah sistem digital ini sangat memberikan kemudahan dan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan.

“Melalui sistem digital kita tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu. Kejadian atau berita yang terjadi bisa langsung kita akses pada saat yang bersamaan meskipun jaraknya sangat jauh. Demikian pula dengan data, kapan pun dan dimanapun dapat kita akses melalui sistem digital ini selama kita terkoneksi dengan internet,” ujarnya.

Menyinggung masalah implementasi Aplikasi Raport Digital (ARD) MI, Ruhani berharap sepulangnya dari kegiatan sosialisasi ini, operator harus melatih cara penggunaan aplikasi tersebut, baik teknis maupun non teknis. Untuk mempermudah pengoprasian ARD, diharapkan seluruh guru untuk meningkatkan penguasaan IT, karena dengan adanya ARD guru dituntut untuk terampil dalam pengoperasian aplikasi serta meningkatkan kualitas/mutu penilaian yang dilakukan oleh guru.  (dok Kemenag Pati).

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom

Recent Posts

Dongkrak Potensi, DPMPTSP Pati Gagas Sub Terminal Agribisnis dan AgriMart Organik

  Dongkrak Potensi, DPMPTSP Pati Gagas Sub Terminal Agribisnis dan AgriMart Organik PatiNews.Com - Kota, Untuk kemajuan dan perkembangan perekonomian…

2 jam ago

Satu Hektar Bisa Hasilkan 800 Juta, Bupati Optimis Porang Berkembang di Kabupaten Pati

  Satu Hektar Bisa Hasilkan 800 Juta, Bupati Optimis Porang Berkembang di Kabupaten Pati PatiNews.Com - Winong, Bupati Pati Haryanto…

2 jam ago

Dulu Dianggap “Panganan Ulo”, Umbi Porang Ternyata Ampuh Untuk Diet

Dulu Dianggap "Panganan Ulo", Umbi Porang Ternyata Ampuh Untuk Diet Tanaman penghasil beras porang/beras shirataki kini mudah ditemukan di Pati,…

5 jam ago

Ini Pembagian Jadwal dan Sesi SKD CPNS Pemkab Pati

Ini Pembagian Jadwal dan Sesi SKD CPNS Pemkab Pati PatiNews.Com - Kota, Menindaklanjuti Pengumuman Ketua Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Pemerintah…

7 jam ago

Saling Memaafkan, RSUD Soewondo dan Kadus Bogotanjung Sepakat Pilih Jalan Kekeluargaan

Saling Memaafkan, RSUD Soewondo dan Kadus Bogotanjung Sepakat Pilih Jalan Kekeluargaan PatiNews.Com - Kota, Pihak RSUD Soewondo dan Kadus Bogotanjung…

11 jam ago

Ketua Persit Kodim Pati: Jangan Sampai Kesibukan Lupakan Penampilan

Patinews.com - Kota, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXIX Kodim Pati menggelar pertemuan rutin yang dilaksanakan pada hari ini. Rabu, 22…

20 jam ago