Gandeng KKMI, Kemenag Pati Adakan Workshop Aplikasi Rapor Digital Madrasah Ibtidaiyah

Gandeng KKMI, Kemenag Pati Adakan Workshop Aplikasi Rapor Digital Madrasah Ibtidaiyah

PatiNews.Com – Kota, Bersama Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI), Kantor Kemenag Kabupaten Pati menggelar Workshop Sosialisasi Aplikasi Rapor Digital atau yang dikenal dengan istilah ARD tingkat Madrasah ibtidaiyah (MI), bertempat di salah satu ruang kelas MAN 1 Pati. Jum’at (13 Desember 2019).

Peserta sosialisasi ini meliputi guru dan operator MI se Kabupaten Pati sebanyak 176 orang serta menghadirkan 3 (tiga) orang nara sumber Sabiqul, Rifki dan Risya Taufiq yang merupakan help desk dari Provinsi Jawa Tengah.

Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Pati, Ruhani saat membuka kegiatan ini menyampaikan, dengan adanya Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) menjadi mitra Kementerian Agama yang sangat strategis utamanya sebagai wadah pembinaan dan kerjasama antara kepala dan guru Madrasah Ibtidaiyah untuk menyamakan visi, misi dan persepsi dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah di lingkungan Kantor Kementerian Agama.

Termasuk dalam meneruskan regulasi dan kebijakan dari pusat maupun wilayah, maka di harapkan bisa mendorong dan memprakarsai pembaharuan dengan menyelenggarakan usaha dan kegiatan yang menunjang pelaksanaan proses pembelajaran, menampung dan menyatukan aspirasi anggota dan berperan aktif dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu MI, jelasnya.

Kegiatan sosialisasi ARD MI merupakan langkah persiapan untuk melaksanakan sistem digitalisasi penilaian atau penginputan nilai raport hasil belajar siswa pada tingkat MI dibawah naungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati.

“Di zaman modern ini, sistem digitalisasi adalah sesuatu hal yang mesti kita ikuti dan kuasai. Karena kalau tidak, maka kita akan menjadi orang yang dianggap kuno dan ketinggalan zaman,” sambung Ruhani.

Dia juga menuturkan bahwa satu hal yang mesti dimaklumi adalah sistem digital ini sangat memberikan kemudahan dan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan.

“Melalui sistem digital kita tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu. Kejadian atau berita yang terjadi bisa langsung kita akses pada saat yang bersamaan meskipun jaraknya sangat jauh. Demikian pula dengan data, kapan pun dan dimanapun dapat kita akses melalui sistem digital ini selama kita terkoneksi dengan internet,” ujarnya.

Menyinggung masalah implementasi Aplikasi Raport Digital (ARD) MI, Ruhani berharap sepulangnya dari kegiatan sosialisasi ini, operator harus melatih cara penggunaan aplikasi tersebut, baik teknis maupun non teknis. Untuk mempermudah pengoprasian ARD, diharapkan seluruh guru untuk meningkatkan penguasaan IT, karena dengan adanya ARD guru dituntut untuk terampil dalam pengoperasian aplikasi serta meningkatkan kualitas/mutu penilaian yang dilakukan oleh guru.  (dok Kemenag Pati).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Lazismu Pati Bedah Rumah Warga Muktiharjo Margorejo

Lazismu Pati Bedah Rumah Warga Muktiharjo Margorejo MARGOREJO, PATINEWS.COM Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah…

20 Oktober 2020

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo MARGOYOSO, PATINEWS.COM Tim Kuliah Kerja Nyata…

20 Oktober 2020

Berbagai Elemen Masyarakat Pati, Tolak Demo Anarki

PATI, PATINEWS.COM Kompak tolak demo anarkis, berbagai elemen masyarakat Kabupaten Pati melaksanakan deklarasi damai di…

19 Oktober 2020

Sambut Maulid Nabi, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Andil Dalam Kegiatan Tartil Rutin Bersama Fatayat Muslimat Desa Guwo

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM Minggu, (18/10) bertepatan dengan 1 Rabiul Awal 1442, Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah…

19 Oktober 2020

Ketika Bisnis Esek-esek, Jerat Gadis Dibawah Umur

PATI – PATINEWS.COM Praktik bisnis esek-esek di Pati dalam beberapa tahun terakhir ini dinilai oleh…

19 Oktober 2020

Diikuti 26 Coach Profesional, Pati Jadi Tuan Rumah Kursus Lisensi Kepelatihan B PSSI

OLAHRAGA, PATINEWS.COM Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) mengaku bangga bisa berada di tengah-tengah pelatih-pelatih…

19 Oktober 2020