Forum Komunikasi Media Tradisional Kabupaten Pati, Dikukuhkan

Forum Komunikasi Media Tradisional Kabupaten Pati, Dikukuhkan

PatiNews.Com – Kota, Bupati Pati Haryanto melantik dan mengukuhkan Kepengurusan Forum Komunikasi Media Tradisonal (FK Metra) Kabupaten Pati periode 2018-2023, Jumat, 26 Oktober 2018.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, Kepala Dinas Komunikasi  dan Informatika Kabupaten Pati, Ketua dan sekretaris  FK-Metra Provisi Jateng.

Dalam anamatnya Bupati mengatakan bahwa saat ini Pemerintah sudah mengakomodir berbagai seni dan budaya yang ada. Haryanto mengharap dan mengingatkan, hendaknya forum ini jangan hanya sekadar menjadi forum seremonial, karena setelah dikukuhkan tidak diketahui kegiatannya. Hal tersebut diharapkan tidak terjadi pada pengukuhan FK Metra kali ini, karena FK Metra merupakan wadah untuk megakomodir  media tradisional yang masih tetap dibutuhkan sebagai penyampai informasi yang langsung bisa diterima masyarakat sektika itu juga.

Sebab, penyampaian informasi dan komunikasi melalui media tradisional seni pertunjukan yang masih tumbuh di tengah-tengah masyarakat, sekaligus merupakan suatu bentuk kearifan lokal. Sehinga berbeda dengan bentuk media lain, termasuk media sosial (medsos) yang bila terjadi sedikit kesalahan risikonya cukup besar.

Baca juga:   Selamatkan Generasi Muda, Kodam IV/Diponegoro Bertekad Perangi Narkoba

 

Meskipun sudah melakukan permintaan maaf, tapi jika yang bersangkutan tidak berkenan dan melaporkan, hal itiu bisa menimbulkan dampak hukum. “”Karena itu, komunikasi melalui media tradisional tetap lebih nyaman, kalau terjadi kesalahan bisa langsung minta maaf karena dilakukan dengan bentuk tatap muka,””ujarnya.

Sementara itu pengurus FK Metra Jawa Tengah,  Daniel Hakiki juga mengharapkan kepada semua OPD Kabupaten Pati untuk dapat memanfaatkan media tradisional dalam kegiatan pemerintahan misalnya dalam bersosialisasi.

Adapun susunan keanggotaan forum komunikasi media tradisional Kabupaten Pati Tahun 2018-2023 sebagai Ketua adalah Warsito Kepala sekolah SD N Pucakwangi, wakil ketua Sunaryo dari seniman, Pujiwati sebagai sekretaris dari guru SMP N 4 Pati. (pn/ pk)

Forum Komunikasi Media Tradisional Kabupaten Pati, Dikukuhkan | patinews.com | 4.5

Leave a Reply