Categories: EdukasiFeatured

Format Ulang Kamar Tidur Menjadi Area Edukatif Anak

Ruang kamar merupakan ruangan yang sangat penting bagi setiap anggota keluarga, terutama anak-anak. Selain menjadi ruangan yang nyaman untuk bermain dan belajar, anak akan lebih leluasa bercerita serta membangun karakter edukatif di dalamnya. Saat ini kamar tidur terkadang memiliki fungsi yang berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan para penghuni rumah seperti menjadi ruang tv, ruang bermain bagi anak-anak, tempat untuk membaca koran, atau sebagai ruangan tempat diadakan acara-acara seperti arisan keluarga, pesta ulang tahun, atau tempat berkumpulnya Anda dengan teman-teman terdekat. Oleh karena itu, jika kamar tidur Anda masih terkesan monoton bagi anak, sebaiknya segera lakukan format ulang kamar tidur menjadi area edukatif yang ramah bagi pembentukan karakternya.

Langkah awal dalam melakukan format ulang kamar tidur adalah dengan menciptakan mood dengan permainan warna. Permainan warna yang dipilih dapat disesuaikan dengan karakter serta gender anak. Untuk keluarga dengan anak dominan perempuan, pilih warna pastel atau warna ceria sekaligus. Sedangkan keluarga dengan dominasi anak laki-laki sebaiknya menggunakan warna lebih tajam seperti cokelat, navy atau army look. Anda bisa menciptakan mood di kamar tidur dengan pemilihan dan kombinasi warna yang baik melalui warna dinding dan pilihan dalam membeli furniture yang ada. Pembelian furniture yang ada diruang keluarga biasanya terdiri dari beberapa sofa, meja, dan lemari besar. Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam menata kamar tidur edukatif adalah tidak menempatkan terlalu banyak barang. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menempatkan beberapa barang dengan fungsi ganda seperti lemari besar, rak buku, dan tempat tv atau beberapa alat elektronik penunjang di lemari tersebut.

Sebagai penunjang proses belajar anak, pilih dinding dengan berbagai alat belajar seperti puzzle, wallpaper maupun papan tempel. Desain kamar tidur edukatif juga dapat diwujudkan melalui dinding dan langit-langit. Pilihlah dinding berwallpaper atau cat polos yang menghadirkan suasana lembut. Wallpaper motivasi juga dapat dipilih untuk memotivasi anak. Jika anak belum bisa membaca, pilih gambar-gambar yang pesannya dapat dimengerti oleh anak secara sederhana.

Tidak hanya langit-langit dan dinding, dekorasi kamar tidur dengan sedikit sentuhan seni akan sangat membantu anak mengeksplorasi kecerdasan majemuknya. Pemilihan warna lantai juga sangat penting. Desain lantai yang menyatu dengan dinding, langit-langit, dan furniture yang dibeli akan menghasilkan tampilan nyaman serta hangat untuk suasana belajar anak. Pada bagian di atas lantai bisa diletakkan karpet dengan komposisi warna netral seperti warna coklat, krem, atau putih.

Sebagai langkah pelengkap dalam menciptakan suasana kian edukatif, Anda dapat menempatkan meja samping tempat tidur yang dapat dibeli di website ini. Dengan demikian, proses belajar anak di kamar tidur akan berjalan semakin optimal secara menyenangkan.

review

Share
Published by
review

Recent Posts

Genderang perang melawan Virus Corona sudah ditabuh warga desa Sukorukun Jaken, Senjata inilah yang disiapkan

Pati- Genderang perang yang ditabuh untuk melawan Covid-19 (Virus Corona) sampai juga diwilayah pedesaan tepatnya…

1 jam ago

Samsat Drive Thru dan Samsat Keliling di Pati, Sementara Waktu Tutup Layanan

Samsat Drive Thru dan Samsat Keliling di Pati, Sementara Waktu Tutup Layanan PatiNews.Com - Kota,…

2 jam ago

Tips Mudah Dan Pasti Berhasil Mendapatkan Booyah Di Free Fire

Boyah adalah sebuah istilah di permainan Free Fire bagi para pemenang yang sudah berhasil bertahan…

8 jam ago

2 Cara Transfer Pulsa Ke Sesama Indosat Tanpa Ribet

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat kita memiliki ketergantungan pada peranan ponsel…

8 jam ago

Warga Desa Karangwotan, Siapkan Bilik Disinfektan Bagi Pendatang

Patinews.com - Pucakwangi, Untuk menekan angka penyebaran Covid 19 (Virus Corona) Pemerintah Desa bersama Karang…

14 jam ago

Karangtaruna Desa Panggungroyom Beraksi, Lakukan Sterilisasi

  Patinews.com - Wedarijaksa, 50 orang yang terdiri dari Karang Taruna Kusuma Wijaya, Perangkat Desa,…

14 jam ago