Evaluasi, MTs Salafiyah Gelar Ujian Akhir Baca Kitab dan Tahfidzul Quran

Evaluasi, MTs Salafiyah Gelar Ujian Akhir Baca Kitab dan Tahfidzul Quran

PatiNews.Com – Kota, Dalam rangka mengevaluasi hasil belajar siswa-siswi kelas IX mata pelajaran unggulan yaitu Tahfidz Al-Quran dan Qiroatul Kitab, MTs Salafiyah melaksanakan ujian akhir tes Baca Kitab dan Tahfidzul Quran. Acara tahunan ini dilaksanakan pada Ahad (10/02) mulai pukul 07.00 sampai selesai di lingkungan MTs Salafiyah, dengan mengundang seluruh wali santri untuk mendampingi putra-putrinya.

Acara tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Quran dan belajar baca kitab kuning sejak dini. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan untuk membina dan mendidik siswa-siswi agar selalu semangat belajar Al-Quran dan Tafaquh Fiddin.

Diikuti seluruhnya 265 siswa MTs yang pada tahun ini sedang duduk di kelas IX. Dalam praktiknya pembacaan tahfidz Al-Quran, yaitu juz 1 sampai juz 20 untuk siswa beasiswa tahfidz (membaca masing-masing 3 jus), diikuti pembacaan juz 29, dan diakhiri juz 30. Untuk Tes Baca kitab masing-masing santri membaca materi wajib yg telah ditentukan, dilanjutkan membaca materi pilihan dari penguji, diteruskan pertanyaan Tarkib.

Baca juga:   Jelang Pilgub Jateng, TNI Pati Komitmen Jaga Netralitas

Kepala MTs Salafiyah Ahmad Ruman Masyfu’ mengatakan bahwa semua santri di MTs Salafiyah yang nanti lulus ujian Tahfidz Al-Quran dan kitab harus menghormati guru-gurunya, agar hafalan yang sudah dihafal tidak hilang. “Sebelumnya para penguji sudah diberi breafing dulu guna menjunjung tinggi tiga asas kepastian, keadilan, dan manfaat. Untuk siswa unggulan 3 juz dan kitabnya sampai kitabus shiyam.

Ghufron Halim MM selaku perwakilan Ketua Yayasan Salafiyah mengatakan keutamaan orang yang hafal Qur’an salah satunya adapah nanti akan dipilih sebagai imam. Selain itu, hidupnya juga akan memperoleh keberkahan dengan menjaga hafalannya.

Salah satu wali santri dari Nabila Hernanda Ibu Hanik asal Banten mengatakan, “Acara seperti ini bagus, dapat memotivasi siswa dan orang tua supaya lebih giat belajar. Tolabul ‘Ilmi Hafidul Qur’an, bahagia melihat anak-anak yang salih dan shalihah, mudah mudahan ke depannya lebih banyak siswa yang hafal Al-quran,”.

Wali dari Hanifa Yani yaitu Pak Bambang (41) asal Tambakromo Pati menambahkan, “Sangat bagus, menambah kelebihan anak dalam mengaji. Semoga tambah maju,”  ujarnya. (pn/)

Evaluasi, MTs Salafiyah Gelar Ujian Akhir Baca Kitab dan Tahfidzul Quran | patinews.com | 4.5

Leave a Reply