Categories: Featured

Enam Strategi Memulai Usaha Di Masa Pandemi

Enam Strategi Memulai Usaha Di Masa Pandemi

Penyebaran virus Corona telah mengakibatkan banyak perusahaan bangkrut dan mem-PHK karyawannya. Ternyata, banyak pengusaha sukses yang dulu pernah di-PHK di masa lalunya. Sebut saja Sandiaga Uno, Donald Sembiring, dan Rangga Umara. Daripada tidak ada penghasilan selama musim Corona, tidak ada salahnya merintis usaha baru. Berikut ini tipsnya:

1. Menjual Barang Sesuai Hobi
Anda memiliki hobi skincare? Gundam? Fashion? Memasak? Hobi tersebut bisa dijadikan bisnis. Jika Anda memiliki suatu hobi, tentu Anda mendalami dan memiliki ilmu tentang hobi tersebut. Gunakanlah ilmu itu sebagai modal untuk memulai usaha. Setidaknya, Anda sudah hemat waktu karena tidak perlu mempelajari suatu produk baru. Selain itu, jika Anda bekerja dengan hati dan sesuai passion, segalanya akan terasa lebih mudah. Ubah pengetahuan dan rasa cinta terhadap suatu barang/kegiatan menjadi sebuah bisnis.

2. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)
Amatilah produk yang sudah ada dan sedang booming di pasaran, tiru para pengusaha sukses yang telah berhasil memproduksi/mendistribusikan barang itu, dan modifikasi. Kenapa harus dimodifikasi? Pengusaha startup harus memiliki ciri khusus yang membedakannya dari pengusaha lain, sehingga produk memiliki nilai jual lebih di mata pelanggan. Misalnya, saat menjelang lebaran, Anda bisa menjual baju sarimbit yang beberapa tahun terakhir sedang digemari masyarakat. Tapi, tahukah Anda jarang ada baju sarimbit orang tua dan bayi? Yang ada, biasanya baju sarimbit orang tua dan anak. Nah, sarimbit orang tua dan bayi bisa jadi kekhasan produk Anda yang tidak dimiliki pengusaha lain.

3. Blue Ocean Strategy
Bagi Anda yang sangat kreatif, Anda bisa mencoba Blue Ocean Strategy. Apa itu Blue Ocean Strategy? Blue Ocean Strategy adalah perusahaan keluar dari zona samudera merah yang pertarungannya berdarah-darah (karena sudah banyak yang menjual barang sejenis) dan membuat sebuah ruang pasar yang belum ada pesaing, sehingga tidak ada kompetisi dengan perusahaan lain. Contohnya: baju batik khusus bayi, kedai modern jamu tradisional, dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca buku Blue Ocean Strategy yang ditulis oleh W. Chan Kim dan Renee
Mauborgne.

4. Promosi Dimulai dari Kerabat Terdekat
Jangan ragu untuk mempromosikan produk Anda ke teman-teman dekat. Pada awalnya, Anda bisa memberikan produk gratis ke beberapa sahabat dan keluarga dekat. Jika mereka puas dengan produk Anda, saya yakin mereka akan membantu mempromosikan produk Anda dari mulut ke mulut. Jadi, pastikan produk Anda berkualitas.

5. Tidak memiliki uang untuk modal? Jadi dropshipper saja!
Untuk Anda yang memiliki modal terbatas, Anda bisa berjualan hanya bermodal HP/laptop dan kuota internet. Anda bisa menjadi dropshipper. Cara kerja dropshipper adalah ketika dropshipper menerima pesanan dari konsumen, produsen/seller yang akan mengirimkan barang tersebut langsung ke konsumen. Anda menerima uang dari konsumen, setelah itu Anda membayar produsen/seller. Tidak perlu modal, bukan?

6. Now Or Never
Bob Sadino pernah berkata, “Bisnis apa yang paling bagus? Bisnis yang bagus adalah yang dimulai dan dibuka, bukan ditanyakan terus.”. Jadi, mulai saja secepat mungkin. Mulai mencari ide, menyusun strategi, kemudian eksekusi. Siapa tahu, sepuluh, dua puluh tahun lagi, bisnis yang dimulai hari ini yang akan membawa Anda ke deretan pengusaha papan atas kota Pati, bahkan Indonesia!

Penulis:
Rahma Intan Anindita
Mahasiswa Tugas Belajar D-IV Politeknik Keuangan Negara STAN

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Pemicu Tindak Pidana, 1637 Botol Miras Disita Polres Pati

PATINEWS.COM - KOTA, Selama berlangsungnya operasi ketupat candi, 24 April hingga 22 Mei 2020, Kepolisian…

24 Mei 2020

Lebaran, Gubernur Ganjar Gelar Open House Virtual

Lebaran, Gubernur Ganjar Gelar Open House Virtual JATENG, PATINEWS.COM Hari raya idul fitri kali ini…

24 Mei 2020

Persiapan sholat Id, Karang Taruna Supo Karyo Semprot Disinfektan di Semua Masjid dan Mushola Desa Pagerharjo

Persiapan sholat Id, Karang Taruna Supo Karyo Semprot Disinfektan di Semua Masjid dan Mushola Desa…

23 Mei 2020

Tagar #IndonesiaTerserah, Bentuk Kekecewaan Petugas Medis Kepada Masyarakat yang Tak Peduli Akan Aturan

Tagar #IndonesiaTerserah, Bentuk Kekecewaan Petugas Medis Kepada Masyarakat yang Tak Peduli Akan Aturan PatiNews.Com -…

23 Mei 2020

Tahap Pertama, BLT Dana Desa di Pati Mulai Disalurkan

Tahap Pertama, BLT Dana Desa di Pati Mulai Disalurkan PatiNews.Com - Kota, Bantuan Langsung Tunai…

23 Mei 2020

118 Pengunjung dan Karyawan Tiga Swalayan di Rapid Tes Acak, ini Hasilnya

118 Pengunjung dan Karyawan Tiga Swalayan di Rapid Tes Acak, ini Hasilnya PatiNews.Com - Kota,…

23 Mei 2020