fbpx

Dukung Swasembada Daging, Polsek Dukuhseti Himbau RPH Tak Sembelih Sapi Betina Usia Produktif

Dukung Swasembada Daging, Polsek Dukuhseti Himbau RPH Tak Sembelih Sapi Betina Usia Produktif

PatiNews.Com – Dukuhseti, Polsek Dukuhseti melakukan langkah persuasif Pengawasan di sejumlah rumah pemotongan hewan (RPH) di Dukuhseti dilakukan oleh pihak kepolisian. (31/10).

Hal ini untuk memberikan pengarahan dan himbauan terkait larangan memotong sapi betina usia produktif.

Bukan tanpa alasan, pengawasan yang melibatkan petugas kepolisian dari reskrim, intel, serta bhabinkamtibmas Polsek Dukuhseti Resor Pati ini untuk memberikan himbuan terkait larangan menyembelih sapi betina pada usia produktif.

Di Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti, Anggota kepolisian mengunjungi RPH milik Edi Purnomo. Petugas menyampaikan himbauan kepada pemilik RPH terkait UU tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Dukuhseti Ipda Sutardi,SH menghimbau agar Rumah Pemotongan Hewan tidak memotong sapi betina dalam usia produktif, karena larangan tersebut bertujuan untuk mempercepat program swasembada daging sapi. Hal itu tertuang dalam undang-undang nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Kami menghimbau kepada RPH untuk tidak memotong sapi betina pada usia produktif karena ada UU-nya dengan sanksi pidana,” ujarnya.

Baca juga:   Dang Ike : Saya Siap Jadi Pelopor Mengatakan Tidak Mencalonkan Diri sebagai Cagub Lampung

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto, SIK melalui Kapolsek Dukuhseti Kompol Sunaryo, SH menjelaskan, sapi betina yang sudah tidak produktif atau boleh disembelih yakni yang usianya sudah di atas 7 tahun.

Sedangkan untuk sapi yang usianya di bawah 7 tahun, namun ingin dipotong, pihak RPH harus mendapatkan surat persetujuan dari dokter hewan pengawas untuk memastikan sapi tersebut mandul.

“Dalam pasal 86, diatur sanksi pidana kurungan bagi orang yang menyembelih ternak ruminansia besar betina produktif paling singkat 1 tahun dan paling lama 3 tahun, dan denda paling sedikit Rp 100 juta dan paling banyak Rp 300 juta” urainya.

Larangan penyembelihan sapi betina produktif tertuang dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan pasal 18 ayat (4), menyebutkan setiap orang dilarang menyembelih ternak ruminansia kecil betina produktif atau ternak ruminansia besar betina produktif. (pn/ dok Humas Respati)

Dukung Swasembada Daging, Polsek Dukuhseti Himbau RPH Tak Sembelih Sapi Betina Usia Produktif | patinews.com | 4.5

Leave a Reply