Dosen UI Asal Pati Ini, Jadi Peneliti Indonesia Pertama Peraih Internasional SWSA

Dosen UI Asal Pati Ini, Jadi Peneliti Indonesia Pertama Peraih Internasional SWSA

Foto Dokumentasi pribadi: Fariz Darari

Patinews.com – Nasional, Fariz Darari, Ph.D, Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menjadi peneliti Indonesia pertama yang meraih (SWSA) Semantic Web Science Association Distinguished Dissertation Award.

Penghargaan ini adalah apresiasi tertinggi tingkat internasional untuk disertasi di bidang Semantic Web. Penganugerahannya bakal dilaksanakan pada 8 Oktober 2018 mendatang di Monterey, Canada.

Dalam keterangan tertulisnya, Pria yang pernah belajar di SD 4 Trangkil, SMP 3 Pati dan SMAN 1 Pati ini mengatakan, “Penghargaan ini menjadi kebanggaan tersendiri karena hasil penelitian saya dapat diseleksi oleh para pakar Semantic Web ternama dunia,”.

Perlu diketahui, Semantic Web adalah ilmu yang cukup baru dan pertama kali dicetuskan oleh Tim Berners-Lee, James Hendler, dan Ora Lassila pada tahun 2001. Pada dasarnya, Semantic Web berbicara tentang bagaimana mengorganisasi web dengan lebih baik dan lebih mudah diproses oleh mesin.

Baca juga:   Ulama dan Umaro Gelar Istighosah untuk Keselamatan Warga Pati

“Fokusnya adalah mengeksplisitkan hyperlink yang ada pada web dan menggunakan paradigma baru, dimana kita dapat melihat informasi bukan sebagai teks atau strings tetapi lebih kepada objek atau things. Dengan kata lain, tidak sekedar menyimpan basis data teks tetapi juga knowledge based. Semantic Web tidak dapat dilepaskan dari big data processing,” jelasnya. (pn)

Dosen UI Asal Pati Ini, Jadi Peneliti Indonesia Pertama Peraih Internasional SWSA | patinews.com | 4.5

Leave a Reply