Diterjang Banjir, Tanggul Sungai di Dukuh Triwil Sinoman Jebol

Diterjang Banjir, Tanggul Sungai di Dukuh Triwil Sinoman Jebol

PatiNews.Com – Kota, Tak kuat menahan arus air, tanggul sungai di Dukuh Triwil Desa Sinoman Kecamatan /Kabupaten Pati. Kamis, 10 Januari 2019.

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto melalui Kapolsek Pati Kota IPTU Sudari mengungkapkan, Sungai di Dukuh Triwil Desa Sinoman merupakan muara dari sungai Simo dan Resulo. Lebar tanggul jebol kurang lebih 10 meter, sedang Panjang tanggul yang jebol 15 meter.

Kronologis kejadian, sekitar pukul 16.00 wib Tanggul Sungai Simo Jebol, Desa Sinoman Pati Diterjang Banjir, Diketahui banjir tersebut merupakan kiriman dari area pegunungan Muria, lantaran terjadi hujan lebat, sungai yang tanggulnya jebol itu merupakan terusan dari Gunung Rawa. Tanggul yang jebol kurang lebih ada 15 meter. Tetapi, kemungkinan akan bertambah apabila tidak dilakukan penambalan ulang secara manual, saat ini sudah ada beberapa rumah warga yang terendam banjir sekitar 10 rumah.

Baca juga:   Nikmatnya Racikan Lontong Tahu Pak Min Kayen

Untuk penyebab banjir sendiri lantaran banyaknya sampah yang menumpuk, disertai dengan banjir kiriman dari pegunungan muria, debit air yang masuk ke pemukiman warga terus bertambah. Hal itu karena warga kesulitan untuk membuat tanggul manual di areal tanggul yang jebol, wilayah yang paling banyak terdampak adalah di dukuh Triwil Rt 2/1.

Personil Polsek Pati dan Koramil Pati, Personil Satlantas dan sejumlah warga akan segera melakukan evakuasi untuk mengantisipasi luapan air berikutnya. 

Himbauan kepada warga untuk berhati-hati dan segera mengamankan perabotan rumah tangga yang ada. 

Dalam kejadian tersebut belum bisa ditaksir nominal kerugian

Saat ini Sudah dilakukan proses Pengerukan Sampah dan tanah lumpur dengan Mendatangkan 1 unit Alat Berat (Bego) dan 3 unit Armada (Truck).

Debit air yg tadinya meluap ke Jalan Raya Widorokandang juga sudah mulai surut sampai saat ini petugas BPBD dan Satlantas Polres Pati masih standby di Sepanjang Jalan Raya Widorokandang. (pn/ wt)

Diterjang Banjir, Tanggul Sungai di Dukuh Triwil Sinoman Jebol | patinews.com | 4.5

Leave a Reply