Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM

Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan materi Wawasan Kebangsaan diseluruh wilayah Kabupaten Pati.

Puluhan mahasiswa STTP (Sekolah Tinggi Teknik Pati) mendapatkan pencerahan Wawasan Kebangsaan oleh Kepala staf kodim Pati Mayor Inf Much. Sholihin, S.Ag, M.Si yang diikuti oleh 37 orang mahasiswa OPK (Orientasi Pengenalan Kampus) dan 52 orang mahasiswa semester 3 dan 5 secara daring yang dipandu oleh Dosen STTP Nuri, M.Pd. Selasa, 15 September 2020.

Selain Kasdim Pati, kegiatan tersebut juga diisi oleh pemateri lainnya yakni dari Satgas anti narkoba Polres Pati, dosen Udinus dengan materi Sukses PKM (Praktek Kerja Mahasiswa) dan pemateri dari Universitas Peradaban.

Dalam materi Wawasan Kebangsaan yang disampaikan, Mayor Sholihin mengulas tentang sejarah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dimulai dari jaman kerajaan Sriwijaya dan Majapahit tempo dulu serta faktor penyebab runtuhnya kerajaan besar Nusantara yang disebabkan oleh perang saudara.

Diahir materi Kasdim Pati juga berpesan serta memberikan semangat kepada para mahasiswa untuk tetap semangat dalam menghadapi kondisi saat ini terkait Pandemi Covid-19.

“Kondisi ini merupakan kondisi yang tidak pernah dialami oleh generasi sebelumnya. Adik-adik mahasiswa mengawali perkuliahan dengan tehnologi, maka dari itu kita lihat dari sisi positifnya,” ujar Kasdim.

“Maka manfaatkan tehnologi ini dan cari peluang positifnya. Jangan pernah mengeluh dengan kondisi saat ini dan jangan pernah melupakan karakter yang telah dibentuk oleh keluarga serta guru kita saat disekolah dan lingkungan kita,” sambungnya.

Menurut Kasdim ini akan memberikan makna kepada para mahasiswa semua. “Pembelajaran di Kampus itu dalam rangka mengembangkan karakter, maka temukanlah karakter kalian dan kembangkanlah di Kampus,” terang Sholihin.

Ditemui di Markas Kodim Pati pada saat mendampingi kegiatan daring pagi tadi, Zaenal Abidin, S. ST, M.Kom dosen 3D ilustrasi dan desain multimedia STTP, bahwa Kampus STTP yang beralamatkan di Jl. Pati-Trangkil KM 4,5 desa Ngepungrojo kecamatan Pati berdiri sejak tahun 2018 dan sampai saat ini merupakan angkatan ke-3 dengan total jumlah mahasiswa lebih dari 120 orang.

“Terkait dengan pandemi covid-19 kegiatan Perkuliahan yang dilaksanakan saat ini semua dengan sistem daring (online) dengan memanfaatkan tehnologi seperti yang kita laksanakan hari ini yang diikuti oleh mahasiswa OPK yang bertujuan untuk pengenalan kampus kepada mahasiswa baru,” ungkapnya.

“Kebetulan hari ini saya mendampingi pak Kasdim yang memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan kepada mahasiswa. Kami berharap kerjasama ini dapat berlanjut kedepan sehingga terjalin kerjasama antara Kodim Pati dan STTP,” ujar Zaenal.

(Pn/Snpt/Pendim)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Melalui e-Channel, Mahasiswa KKN Tangguh UMSIDA 2020 Ajak Terapkan Anjuran Protokol Kesehatan

Sidoarjo, Patinews.com Ada yang berbeda dengan pelaksanaan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada tahun ajaran…

22 September 2020

KKN Tangguh Lakukan Pendampingan UMKM, Cara Pembuatan Layang-layang Serta Cara Penjualannya

Di situasi pandemi seperti ini tidak menurunkan semangat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo untuk mengabdi kepada…

22 September 2020

Cara Mudah Memilih Furniture Jakarta Agar Terlihat Simpel Tapi Menawan

Furniture adalah salah satu fasilitas yang dibutuhkan oleh seseorang seiring dengan perkembangan teknologi. Apalagi dalam…

22 September 2020

6 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Interior Design

Interior design adalah suatu tampilan yang membuat ruangan memiliki nilai estetik. Melakukan desain interior pada…

22 September 2020

Bersama Pelaku UMKM, Mahasiswa Ini Sediakan Jasa Delivery Telur

NASIONAL, PATINEWS.COM KKN atau Kuliah Kerja Nyata menjadi salah satu sarat kelulusan bagi seorang mahasiswa…

22 September 2020

Selain Tingkatkan Akses ke Agrowisata Jollong, TMMD Juga Percepat Akses Produk Pertanian

GEMBONG, PATINEWS.COM Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2020 dengan tema…

22 September 2020