Diduga Debt Collector Ambil Motor Secara Paksa, Pelaku Dibekuk Resmob Polres Pati Saat Minta Uang Tebusan

Diduga Debt Collector Ambil Motor Secara Paksa, Pelaku Dibekuk Resmob Polres Pati Saat Minta Uang Tebusan

PatiNews.Com – Kota, Unit Resmob Sat Reskrim Polres Pati Ungkap Kasus dugaan tindak pidana tentang Pencurian dengan kekerasan atau Perampasan atau Ancaman kekerasan

PERKARA :
Pencurian dengan kekerasan subsidair perampasan lebih subsidair perbuatan tidak menyenangkan

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto melalui Kasat Reskrim AKP Yusi Andi Sukmana mengungkapkan, peristiwa itu terjadi pada hari Kamis tanggal 07 Februari 2019, sekira pukul 09.00 wib. “TKP berada di jalan Desa Winong tepatnya belakang Hotel New Merdeka turut Desa Winong Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Modus operandi 4 pelaku dengan menghadang korban di jalan dan mengambil paksa sepeda motor dengan intimidasi,” ujarnya.

Kronologis kejadian, Pada hari Kamis tanggal 07 Februari 2019, sekira pukul 08.00 wib korban bermaksud hendak berangkat kerja. Sesampai di jalan Ds. Winong tepatnya di belakang Hotel New Merdeka korban dipepet 4 pelaku dengan mengendarai 2 motor dan salah satu motor pelaku menghentikan paksa korban dengan cara satu motor memepet dan satu lagi memalang korban.

Setelah korban berhenti 2 pelaku yang dibonceng turun dan memegangi korban dan motornya. Kemudian pelaku meminta STNK dari korban, lalu korban membuka jok untuk mengambil STNK. Setelah korban memberikan STNK, pelaku mengatakan motor yang dikendarai korban tersebut bermasalah. Kemudian salah satu pelaku mencabut anak kunci yang masih menempel pada kunci jok dan memasukkan pada kunci kontak untuk menyalakan motor.

Baca juga:   HJK 2018, Semangat Kemanunggalan Rakyat dan TNI

“Setelah itu pelaku menyuruh korban untuk naik membonceng dan membawa ke komplek ruko turut Ds. Puri Kec./Kab. Pati. Sesampai disitu pelaku menyuruh korban untuk tanda tangan pada berita acara penyerahan kendaraan. Selanjutnya korban ditinggal pergi oleh para pelaku,” bebernya.

Kronologis ungkap kasus, “Berawal ketika korban meminta tolong kepada saksi AS alias CM untuk mengurus sepeda motornya yang ditarik paksa oleh leasing. Atas permintaan tersebut AS alias CM menghubungi/menelpon temannya yang bekerja sebagai DC yaitu WW. Dalam pembicaraan tersebut WW mengatakan bahwa motor bisa keluar asalkan ada uang tebusan sebesar Rp. 1.600.000,-. Atas hal tersebut korban minta waktu karena akan konsultasi dengan WY. Kemudian WY menelpon Sdr. AS alias CM untuk menawar nilai tebusan,” ungkap Kasat.

Namun hasil konfirmasi dari WW nilai tebusan tidak bisa ditawar. Akhirnya dengan terpaksa WY setuju dengan nilai tebusan yang diminta oleh WW. Selanjutnya pada hari Sabtu tanggal 09 Januari 2019 sekira pukul 11.30 wib WY menemui AS alias CM di salah satu konter HP untuk menyerahkan uang tebusan kepada AS alias CM dengan maksud untuk diserahkan kepada WW. Selang beberapa saat WW tiba di konter dan pelapor/korban mengenali bahwa WW adalah salah satu dari 4 pelaku dimaksud.

“Mendapati hal tersebut Tim Resmob Polres Pati selanjutnya mengamankan AS dan WW serta barang bukti uang tebusan untuk dibawa ke Polres Pati guna pemeriksaan lebih lanjut,” lanjutnya. (pn/ wt)

Diduga Debt Collector Ambil Motor Secara Paksa, Pelaku Dibekuk Resmob Polres Pati Saat Minta Uang Tebusan | patinews.com | 4.5

Leave a Reply