Categories: Berita

Dapur Umum Korban Bencana Banjir di Tunjungrejo Margoyoso

Dapur Umum Korban Bencana Banjir di Tunjungrejo Margoyoso

PatiNews.Com

Tunjungrejo, Margoyoso – 07/01/2020. Bencana di Kabupaten Pati cukup tinggi. Bahkan Pati masuk dalam laboratorium bencana nasional. Intensitas bencana di Pati menempati urutan 174 di skala nasional. Bencana banjir itu sebagian besar karena penyumbatan saluran air. Masih banyak masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya. Sehingga menyebabkan banjir. Selain itu ada beberapa faktor. Seperti pembangunan jembatan yang rendah. Sehingga aliran air tidak lancar jika ada kiriman dari hulu ke hilir. Tumbuhan enceng gondok di sungai juga turut menghambat pergerakan aliran air. Dan faktor-faktor lain juga menimbulkan banjir.

Kita menyadari bahwa bencana alam tidak dapat ditolak tetapi yang lebih penting adalah bagaimana upaya bersama untuk dapat meminimalisasi dampak yang mungkin terjadi akibat bencana alam itu.

Dalam hal ini Banser ( Barisan Ansor Serbaguna ) Satkoryon Margoyoso Kabupaten Pati sigap membantu korban bencana banjir di Kecamatan Margoyoso. Banser kali pertama mendirikan Posko Bencana Alam di Desa Tunjungrejo.Meski selanjutnya dijadikan sebagai Dapur Umum Korban Bencana Banjir. Posko induk di Balai Desa Tunjungrejo. Dapur Umum ini banyak kegiatan seperti tempat menampung bantuan seperti Air Minum kemasan, beras, Mie Instan, Obat-obatan, dan sebagainya. Menurut warga terdampak banjir Desa Tunjungrejo, Saudara Arif mengatakan bahwa keberadaan Dapur Umum ini sangat membantu masyarakat korban terdampak Banjir. ” Banyak masyarakat senang karena bantuan ini mengurangi beban baik saat kejadian maupun pasca banjir. Kami merasa terbantu. Dan kami masyarakat masih menerima bantuan dari siapapun. Ditambahkan pula oeh Imam Muhlis Ali anggota Banser Satkoryon.Margpyoso saat bertugas mengatakan bahwa Dapur umum yang berada di rumah Saudara Lutfi anggota Banser putra Bapak Sukarno ini berada di RT Posko banjir di RT 2 RW 7, Desa Tunjungrejo bagian kidulan ini beroperasi selama 24 jam.

Bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan silakan langsung datang di lokasi Tunjungrejo bisa melalui Posko di Balai Desa Tunjungrejo atau Dapur Umum.Curah hujan lebat di sertai angin kecang masih berpotensi terjadi, dihimbau masyarakat tetap waspada dan antisipatif. Mari kita membantu masyarakat khususnya yang terdampak banjir dalam bebtuk apapun. Juga yang tak kalah penting kita perlu mengantisipasi dampak pasca banjir.

Penulis : Imam MA

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Haflah Maulidurrosul TPQ Nurul ‘Ulum Kebolampang Bersama Mahasiswa KKN UIN Walisongo

Haflah Maulidurrosul TPQ Nurul ‘Ulum Kebolampang Bersama Mahasiswa KKN UIN Walisongo WINONG, PATINEWS.COM Mahasiswa Kuliah…

31 Oktober 2020

Peringati Maulid Nabi, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Ngaji Online Kitab Mafahim di Desa Banyuurip

Peringati Maulid Nabi, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Ngaji Online Kitab Mafahim di Desa Banyuurip…

31 Oktober 2020

Satpol PP Kabupaten Pati Launching Aplikasi SIRAJA

Satpol PP Kabupaten Pati Launching Aplikasi SIRAJA PATI, PATINEWS.COM Bertempat di Aula Satpol PP Kabupaten…

31 Oktober 2020

Unik, Warga Desa Guwo Rutin Gelar Tradisi Barikan Tiap Malam Jum’at Wage

Unik, Warga Desa Guwo Rutin Gelar Tradisi Barikan Tiap Malam Jum’at Wage TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM Kamis…

31 Oktober 2020

Membuat Acara Keagamaan Menyenangkan Anak di Tempat Ibadah

Penulis : Imam Muhlis Ali Sudah lazim anak-anak yang ikut perkumpulan semisal acara 'berjanjenan' shalawatan…

31 Oktober 2020

Hikmiatul Aliyah Bagikan Tempat Cuci Tangan di Beberapa Toko di Desa Grogolan

DUKUHSETI, PATINEWS.COM Dalam rangka Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah Angkatan 75 (KKN R-DR 75)…

30 Oktober 2020