Categories: BeritaNasional

Danramil Mojoroto : Mahasiswa Indonesia Penjaga NKRI

Danramil Mojoroto Mahasiswa Indonesia Penjaga NKRI

Patinews.com – Kediri, Puluhan mahasiswa Universitas Brawijaya Kediri, siang ini mengikuti latihan dasar kepemimpinan yang dilangsungkan di Makoramil 03/Mojoroto, dan pada materi wawasan kebangsaan, Danramil Mojoroto, Kapten Inf Arifin Effendi menyampaikannnya dengan tema “Mahasiswa Indonesia Penjaga NKRI”, sabtu (05/08/2017)

Diawal wawasan kebangsaannya, Kapten Inf Arifin Effendi menjelaskan hubungan antara mahasiswa dengan catatan sejarah bangsa ini, dari gerakan kepemudaan di era 1908 hingga era merebut kemerdekaan di tahun 1945. Demikian juga konektifitas mahasiswa yang berperan dalam catatan sejarah bangsa ini, seperti era reformasi di tahun 1966 dan tahun 1998.

Menurut Kapten Inf Arifin Effendi, mahasiswa sangat berperan penting dalam perjalanan bangsa ini, terbukti, sejarah turut mencatatnya, dan dalam peran besarnya itu, mahasiswa juga harus mencermati situasi terkini bangsa ini yang mulai dirasuki radikalisme.

“Mahasiswa harus konsisten menjaga negeri ini dari segala bentuk rongrongan, termasuk radikalisme, karena radikalisme merupakan titik awal dari segala perselisihan, permusuhan hingga perpecahan. Kita tidak menginginkan tragedi di Suriah, Yaman, Irak ,Afghanistan terjadi di negeri ini. Kita harus lawan radikalisme dengan menolak tegas dan konsekuen dengan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Kapten Inf Arifin Effendi.

Sebelumnya, mahasiswa Universitas Brawijaya Kediri ini ditempat latihan baris-berbaris berdurasi hampir satu jam di halaman Makoramil Mojoroto, dan selanjutnya para mahasiswa ini menjalani materi tata upacara bendera. Untuk materi latihan baris berbaris, Koramil Mojoroto menyiapkan 3 orang untuk melatihnya, sedangkan untuk materi tata upacara bendera, Koramil Mojoroto menyiapkan 4 orang. (PDM)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com
Tags: kediri

Recent Posts

Dalam Waktu Dekat, Pati Segera Punya Laboratorium PCR

Dalam Waktu Dekat, Pati Segera Punya Laboratorium PCR PATI, PATINEWS.COM Beserta Tim Covid-19 tingkat Kabupaten,…

20 Oktober 2020

Beras Ibu Pintar, Beras Premiumnya Orang Pati

WEDARIJAKSA, PATINEWS.COM Beras Ibu Pintar adalah beras premium nya orang Pati. Beras ibu pintar menghasilkan…

20 Oktober 2020

Mahasiswa UIN Walisongo Kunjungi Rumah Produksi Tempe di Desa Guwo, Produsen Akui Merugi Selama Pandemi

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM Pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia bahkan di dunia, tidak hanya telah banyak…

20 Oktober 2020

RSUD Soewondo Pati, Tepis Isu Mengcovidkan Pasien

PATI, PATINEWS.COM RSUD Soewondo Pati menampik isu yang beredar di masyarakat bahwa RS meng-covid-kan pasien.…

20 Oktober 2020

Terapkan Prokes, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Jadi Tutor Sinau Bareng

PUCAKWANGI, PATINEWS.COM Azmi Sabila mahasiswa Universitas Islam Negri Walisongo Semarang yang sedang melakukan Kuliah Kerja…

20 Oktober 2020

Tingkatkan Kreativitas Anak, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Beri Pelatihan Membuat Origami Kepada Siswa SD di Kebolampang Winong

Tingkatkan Kreativitas Anak, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Beri Pelatihan Membuat Origami Kepada Siswa SD di…

20 Oktober 2020