Cegah covid 19: Lindungi diri anda

PATINEWS.COM

Ditahun 2020 terdapat  virus yang dirasa mematikan yakni virus corona. Seiring dengan berjalannya waktu sampai detik ini kasus virus corona kian merebak keseluruh dunia, di Indonesia sendiri sampai tanggal 12 juli 2020 tercatat 75.699 kasus. Oleh karena itu banyak masyarakat merasa cemas bahkan takut kalang kabut melihat pertumbuhan kasus yang kian meningkat dari waktu ke waktu.

Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk mewaspadai secara mendalam kasus virus corona. Beberapa hal yang mampu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Cuci tangan  setelah melakukan aktivitas apapun

Dimasa pandemi covid-19 diusahakan untuk selalu mencuci tangan setelah melakukan segala aktivitas apapun. Dan adapun tata cara cuci tangan yang benar adalah sebagai berikut:

  • Basahi seluruh tangan dengan air mengalir
  • Gosokkan sabun ke telapak tangan, punggung tangan serta disela-sela jari
  • Bersihkan seluruh bagian bawah kuku dengan sebaik-baiknya
  • Bilaslah tangan dengan air yang mengalir
  • Keringkan dengan Handuk atau Tissue

Apabila disekitar anda jauh dari air mengalir anda bias menggunakan hand sanitizer yang dapat di beli di berbagai supermarket. Dan penggunaanya cukup simpel cukup di oleskan di kedua tangan setelah melakukan aktivitas.

  1. Pakai masker saat berpergian

Sesuai dengan anjuran kementrian RI  semua orang  diwajibkan mengenakan masker pada saat berpergian baik berbelanja ataupun bekerja. Berikut tips pemilihan masker dapat digunakan untuk meminimalkan rantai penyebaran covid-19 :

  • Masker kain: masker kain ini dapat dapat menghalau percikan air liur yang keluar pada saat berbicara. Walaupun demikian kita harus tetap melakukan physical distancing pada saat melakukan aktivitas apapun.
  • Masker bedah: masker ini merupakan jenis masker yang lebih baik digunakan para tenaga medis, mengingat beberapa waktu lalu terjadi kelangkaan masker maka dari itu jika kita sebagai individu yang mandiri kita lebih disarankan mengenakan masker kain.
  1. Kurangi aktivitas kontak langsung dengan siapapun

Diharapkan semua orang melakuakn physical distancing pada saat melakukan segala aktivias apapun.

  1. Meminimalkan transaksi secara tunai

Hal ini merupakan terobosan baru bagi kita semua di era yang sedang genting akan virus. Pemilihan transaksi non tunai dirasa lebih efektif memutuskana rantai penyebaran Covid-19, diera yang sudah sangat canggih ini kita di sediakan berbagai macam metode pembayaran misalnya Dana, Go Pay dan lain sebagainya.

  1. Selalu menjaga tubuh agar tetap fit dengan mengonsumsi vitamin dan bergaya hidup sehat

Pemilihan gaya hidup sehat sedang di suarakan pada saat ini. Banyak para masyarakat yang menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga misalnya bersepeda, jogging dan lain sebagainya. Hal ini dirasa sangat penting sekali untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

  1. Tetap berpositif thinking agar imun tetap stabil

Tetap bersikap positif mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Orang yang berfikir positif mampu mengatasi situasi stress hal ini dapat meningkatkan imun disaat pandemi covid-19.

  1. Mengonsumsi makanan bergizi

Dengan mengonsumsi makanan bergizi dapat meningkatkan imun agar tetap kuat.  Dengan mengonsumsi makanan bergizi dapat memberikan perlindungan ekstra terhadapt virus yang terjadi saat ini.

  1. Waktu istirahat yang cukup

Kesehatan tubuh di masa pandemi covid 19 sangat penting meliputi pemilihan waktu istirahat yang cukup. Jika anda menginginkan kesehatan yang baik atur pola istirahat dengan baik, karena apabila waktu istirahat tidak diatur dengan baik akan memberikan sela bagi virus covid-19 ini masuk dan berkembang. Selesaikan pekerjaan anda dengan tepat waktu dan hindari bermain game di malam hari.

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Melalui e-Channel, Mahasiswa KKN Tangguh UMSIDA 2020 Ajak Terapkan Anjuran Protokol Kesehatan

Sidoarjo, Patinews.com Ada yang berbeda dengan pelaksanaan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada tahun ajaran…

22 September 2020

KKN Tangguh Lakukan Pendampingan UMKM, Cara Pembuatan Layang-layang Serta Cara Penjualannya

Di situasi pandemi seperti ini tidak menurunkan semangat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo untuk mengabdi kepada…

22 September 2020

Cara Mudah Memilih Furniture Jakarta Agar Terlihat Simpel Tapi Menawan

Furniture adalah salah satu fasilitas yang dibutuhkan oleh seseorang seiring dengan perkembangan teknologi. Apalagi dalam…

22 September 2020

6 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Interior Design

Interior design adalah suatu tampilan yang membuat ruangan memiliki nilai estetik. Melakukan desain interior pada…

22 September 2020

Bersama Pelaku UMKM, Mahasiswa Ini Sediakan Jasa Delivery Telur

NASIONAL, PATINEWS.COM KKN atau Kuliah Kerja Nyata menjadi salah satu sarat kelulusan bagi seorang mahasiswa…

22 September 2020

Selain Tingkatkan Akses ke Agrowisata Jollong, TMMD Juga Percepat Akses Produk Pertanian

GEMBONG, PATINEWS.COM Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2020 dengan tema…

22 September 2020