Categories: Jawa Tengah

Cegah Abrasi, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Tanam Mangrove di Pesisir Demak

DEMAK, PATINEWS.COM

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu mata kuliah yang memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya di tengah-tengah masyarakat. Tak kurang selama empat puluh lima hari, mahasiswa semester tujuh Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang menempuh KKN dengan tujuan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Salah satu hal yang dapat dilakukan kegiatan penanaman Mangrove guna mencegah abrasi pantai yang semakin tahun semakin parah dan memprihatinkan.

Dalam upaya mencegah abrasi yang semakin parah dan meluas khususnya di daerah pesisir Sayung kabupaten Demak, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang melakukan penanaman bibit mangrove secara individu pada jumat (16/10/2020) di dusun Gandong, desa Surodadi, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

Penanaman ini diinisiasi oleh Jamilatul Udmah mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang yang didasari rasa prihatin dengan kondisi desanya akibat abrasi yang semakin tahun semakin meluas.

“Kegiatan penanaman mangrove ini bertujuan untuk mengurangi dampak abrasi yang sering terjadi di pesisir Sayung, Demak khususnya dusun Gandong, desa Surodadi,” Ujar Jamilatul Udmah selaku penggagas kegiatan penanaman mangrove tersebut.

Mila juga mengungkapkan bahwa kegiatan penanaman mangrove ini dibantu oleh keluarganya, yang mana mereka membantu dalam kegiatan penanaman juga membantu dalam menyediakan peralatan benih mangrove.

“Penanaman ini merupakan salah satu bentuk langkah nyata kepedulian kita sebagai mahasiswa untuk mencegah abrasi yang semakin lama semakin memprihatinkan. Harapannya kedepannya kegiatan semacam ini lebih mendapat support baik dari pemerintah desa maupun dari masyarakat sekitar khususnya para pemuda,” ujar Mila selaku mahasiswa UIN Walisongo.

(*)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

282 KK di Desa Karangsari Cluwak, Peroleh Bantuan Sosial Tunai

CLUWAK, PATINEWS.COM COVID-19 Merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Coronavirus Disease yang menyebar sangat cepat…

19 Oktober 2020

Manfaatkan Lahan Pekarangan dengan Tanaman Hortikultura

GEMBONG, PATINEWS.COM Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Reguler dari rumah kelompok 10 Universitas…

19 Oktober 2020

RS Keluarga Sehat Tarik Alkes Bermerkuri

RS Keluarga Sehat Tarik Alkes Bermerkuri PATI, PATINEWS.COM Orang pasti sudah tidak asing lagi dengan…

19 Oktober 2020

Pengunjung Waduk Gunungrowo Akui Senang dengan Kegiatan Bagi-bagi Masker oleh Kelompok 10 KKN RDR UIN Walisongo

Pengunjung Waduk Gunungrowo Akui Senang dengan Kegiatan Bagi-bagi Masker oleh Kelompok 10 KKN RDR UIN…

19 Oktober 2020

KKN UIN Walisongo, Adakan Kegiatan Pembuatan Cairan Disinfektan di Bulumanis Lor

KKN UIN Walisongo, Adakan Kegiatan Pembuatan Cairan Disinfektan di Bulumanis Lor MARGOYOSO, PATINEWS.COM Mahasiswa Kuliah…

18 Oktober 2020

Bareng Polsek dan Koramil Gembong, Mahasiswa Bagikan Masker di Waduk Gunungrowo

Bareng Polsek dan Koramil Gembong, Mahasiswa Bagikan Masker di Waduk Gunungrowo GEMBONG, PATINEWS.COM Dalam rangka…

18 Oktober 2020