Cara Menghilangkan Panu Mudah, Dengan Bahan Makanan Alami

Salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur adalah panu atau tinea versicolor. Munculnya panu ditandai dengan munculnya bercak bercak putih pada kulit yang disertai dengan rasa gatal gatal. Bercak tidak akan selalu berwarna putih tetapi bisa juga berwarna coklat, merah, hitam, yang akan tergantung kepada warna kulit si penderita. Jerawat akan terlihat menonjol, sedangkan panu tidak menonjol dan akan terlihat mirip dengan kulit pada umunya. Panu akan terasa gatal pada saat penderitanya berkeringat. Jamur penyebab panu adalah Malassezia yang tidak berbahaya tetapi pada umumnya akan ditemukan pada kulit manusia. Panu ini tidak menular ataupun membahayakan, tetapi seiring dengan berjalannya waktu akan melebarnya bercak bercak putih pada kulit. Sehingga hal ini akan menyebabkan penderitanya merasa tidak percaya diri, karena panu yang dialaminya akan dapat terlihat oleh orang lain.

Ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan panu sehingga tidak perlu khawatir jika mengalami masalah ini. Misalnya saja cara menghilangkan panu dengan menggunakan bahan bahan alami yang biasanya akan digunakan didalam resep makanan. Berikut 5 bahan makanan alami untuk menghilangkan panu diantaranya yaitu :

  1. Lengkuas

Pertama tama ambil lengkuas yang masih segar lalu dipotong potong. Kemudian usapkan pada panu dan lakukan ini selama 5 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan pengobatan ini sebanyak 2 kali sehari. Lengkuas dapat membasmi jamur penyebab panu karena mengandung senyawa flavonoid, amilum, dan kuersetin. Atau juga bisa menggunakan cara lainnya yaitu dengan menghaluskan 2 ruas jari lengkuas lalu campurkan dengan garam sebanyak 1 sdt. Setelah itu oleskan pada panu dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

  1. Kunyit
Baca juga:   Begini Mudahnya Pembayaran BPJS Online Lewat Tokopedia

Cara yang pertama : Ambil kunyit sebanyak 1 ruas jari lalu kupas. Kemudian usapkan pada bagian yang terkena infeksi jamur selama 5 menit. Dan diamkan beberapa saat.

Cara yang kedua : 2 ruas jari kunyit ditumbuk halus lalu tempelkan atau oleskan pada bagian yang telah terinfeksi jamur. Kemudian diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

  1. Bawang Putih

Ambil bawang putih sebanyak 1 siung lalu potong menjadi dua bagian. Kemudian potongan bawang putih tersebut digosokkan ke panu selama 5 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan perawatan ini sehari 2 kali. Bawang putih ini bisa digunakan untuk menghilangkan panu pada bayi atau buah hati yang masih kecil.

  1. Jeruk Nipis

Campurkan air perasan jeruk nipis sebanyak 1 sdm dengan belerang 1 sdm yang sudah ditumbuk halus sebelumnya. Campur kedua bahan tersebut hingga merata dan menjadi krim. Kemudian oleskan campuran itu kearea panu dan diamkan hingga mengering. Lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

  1. Belimbing Wuluh

Pertama tama siapkan belimbing wuluh sebanyak 1 buah lalu potong menjadi 4 bagian. Kemudian potongan belimbing diusapkan kearea yang terkena infeksi jamur selama 5 menit dan biarkan hingga mengering.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang murni dioleskan pada area kulit yang terkena panu, kemudian diamkan hingga mengering.

  1. Cuka Apel

1 sdm cuka apel dicampurkan dengan air hangat sebanyak 1 sdm. Kemudian ambil kapas lalu oleskan pada area kulit yang terkena infeksi panu. Lalu diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Itulah  5 bahan makanan alami yang bias digunakan untuk cara menghilangkan panu. Yoghurt juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan panu.

Cara Menghilangkan Panu Mudah, Dengan Bahan Makanan Alami | review | 4.5

Leave a Reply