Bupati: Anggaran Desa untuk Kepentingan Masyarakat, Bukan untuk Pribadi

Bupati: Anggaran Desa untuk Kepentingan Masyarakat, Bukan untuk Pribadi

PatiNews.Com – Kota, Pelantikan kepala desa terpilih dalam pilkades serentak 2018 bakal digelar 16 Maret 2019 mendatang, jumlah kepala desa terpilih yang akan dilantik sebanyak 61 kades dari 61 desa. Namun sebelum dilantik, rupanya para kepala desa terpilih akan mendapat “gemblengan” dari Pemerintah Kabupaten Pati selama 8 hari.

“Pembekalan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 18 Februari,” ungkap Bupati saat memberi pembekalan jelang pelantikan kepada kepala desa terpilih di ruang Penjawi Setda Pati, Selasa (12/2).

Pelatihan yang dilaksanakan selama 8 hari ini, akan digelar di Hotel Pati. Sedangkan materi yang diberikan, Bupati mengatakan akan meliputi  tentang pemerintahan secara menyeluruh, baik mengelola keuangan, perencanaan, kemasyarakatan, hingga persoalan mengenai hukum.

“Namun, yang paling menjadi perhatian adalah masalah penganggaran. Kepala desa terutama yang baru terpilih ini harus paham, sekaligus memahami anggaran. Dimana anggaran itu untuk kepentingan masyarakat, bukan untuk pribadi,” tegas Haryanto.

Tak hanya itu, dalam pembekalan nantinya kepala desa juga dituntut untuk bisa menguasai segala persoalan yang ada di desa. Mengenai pemerintahan, membuat laporan, menyusun APBDes, masalah pertanahan, dan masalah-masalah lain yang kerap terjadi pada masyarakat desa.

“Persoalan hukum juga harus menjadi perhatian, yang mana harus memahami hukum-hukum, kaitannya nanti saat menghadapi persoalan yang bisa saja menimpanya. Semua harus disikapi dengan aturan atau hukum, dan kepala desa harus memahami itu,” ujarnya.

Bupati menekankan pelatihan untuk kepala desa terpilih tersebut bersifat wajib.
“Tidak boleh izin kecuali berhalangan tetap, misalnya sakit keras mendadak. Bila hanya flu biasa atau lainnya harus tetap berangkat karena pelatihan serta pembekalan ini sangatlah penting. Oleh sebab, para kepala desa terpilih ini berasal dari latar belakang yang berbeda beda,” tandasnya. (pn/ hms)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Tingkatkan Kreativitas Anak, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Beri Pelatihan Membuat Origami Kepada Siswa SD di Kebolampang Winong

Tingkatkan Kreativitas Anak, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Beri Pelatihan Membuat Origami Kepada Siswa SD di…

20 Oktober 2020

Lazismu Pati Bedah Rumah Warga Muktiharjo Margorejo

Lazismu Pati Bedah Rumah Warga Muktiharjo Margorejo MARGOREJO, PATINEWS.COM Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah…

20 Oktober 2020

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo MARGOYOSO, PATINEWS.COM Tim Kuliah Kerja Nyata…

20 Oktober 2020

Berbagai Elemen Masyarakat Pati, Tolak Demo Anarki

PATI, PATINEWS.COM Kompak tolak demo anarkis, berbagai elemen masyarakat Kabupaten Pati melaksanakan deklarasi damai di…

19 Oktober 2020

Sambut Maulid Nabi, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Andil Dalam Kegiatan Tartil Rutin Bersama Fatayat Muslimat Desa Guwo

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM Minggu, (18/10) bertepatan dengan 1 Rabiul Awal 1442, Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah…

19 Oktober 2020

Ketika Bisnis Esek-esek, Jerat Gadis Dibawah Umur

PATI – PATINEWS.COM Praktik bisnis esek-esek di Pati dalam beberapa tahun terakhir ini dinilai oleh…

19 Oktober 2020