Bukit Naga Jollong, Wisata di Pati Bikin Pikiran Plong

Bukit Naga Jollong, Wisata di Pati Bikin Pikiran Plong

PatiNews.Com – Wisata, Bukit atau Kebun naga Jollong saat ini telah menjadi daya tarik baru destinasi wisata di Pati. Indahnya pemandangan berpadu kebun buah naga menjadi alternatif wisata di Pati untuk anda yang ingin mendapatkan udara segar.

Objek wisata yang terletak di Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong Pati Pati ini sangat menarik untuk dikunjungi, baik  anak-anak, keluarga, ataupun para remaja. Dahulu, tempat ini termasuk perkebunan kopi, dan kemudian diganti menjadi perkebunan buah naga, tanpa menhilangkan perkebunan kopi yang menjadi tempat penghilang rasa penat dari kesibukan.

Bukit naga merupakan kawasan agrowisata Jolong II, berdiri sekitar tiga tahun yang lalu dan dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX milik BUMN. Kawasan wisata alam ini terletak disebelah barat kota pati tepatnya di Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong. Menariknya, kawasan ini terletak dikaki gunung Muria sehingga udara terasa sejuk.

Untuk menuju kelokasi dibutuhkan waktu sekitar 40 menit perjalanan dari kota Pati dengan jarak tempuh 15 Km. Sejauh ini akses untuk menuju kawasan agrowisata bukit naga ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, dan belum tersedia untuk jalur kendaraan umum.

Kawasan bukit naga ini memiliki hamparan kebun buah naga sekitar 10Ha. Pengunjung dapat berjalan berkeliling kebun melalui jalan setapak yang dibangun berundak-undak. Ketika musim panen tiba, pengunjung dapat melakukan wisata petik buah, yang tentunya harga buah naga disesuaikan dengan harga dipasar dan cenderung lebih murah.

Tak hanya disuguhkan pemandangan pohon buah naga, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar melalui gardu pandang. Dari sinilah pengunjung akan dimanjakan pemandangan keindahan dua waduk (waduk gunung rowo dan waduk seloromo) dan hamparan kota Pati dari atas. Pengunjungpun dapat menikmati hamparan kebun kopi yang terdapat disekitar bukit naga.

Bagi pecinta kopi, rasanya agak sedikit sayang apabila melewatkan secangkir kopi jolong. Kopi jolong terkenal dengan kopi robustanya. Kopi Jolong memiliki karakter rasa berat dengan sedikit asam, yang pada dasarnya rasa pahitnya lebih kuat dengan sedikit asam.

Di area ini, tersedia kedai kecil yang menyediakan kopi jolong. Cukup dengan harga sekitar Rp.5.000,00 – Rp 6.000,00 pengunjung dapat menikmati secangkir kopi Jolong.

Udara yang sejuk tentu akan membuat pengunjung lebih betah menikmati panorama disekitar bukit naga untuk sekedar menepi dari hiruk pikuk kota. Suasanya bukit naga akan menjadi lebih indah ketika kabut mulai turun.momen tersebut adakalanya dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berfoto di spot foto rumah naga, karena akan terlihat bagai negri diatas awan dan menampilkan kesan siluet nan romantis.

Hampir semua orang yang telah mengunjungi lokasiini akan terkagum dengan pesona alam yang disuguhkan mengelilingi kawasan ini, mulai dari perbukitan,lembah, hamparan kota pati dariatas, waduk hingga hutan pinus yang terdapat disebelah kiri bukit naga ini.

Bukit naga dapat menjadi pilihan destinasi wisata bagi mereka yang membutuhkan ketenangan, kesejukan untuk sekedar melepas penat dari aktivitas maupun rutinitas harian. Tentunya area wisata inipun juga dapat memberikan pemandangan sunrise dan sunset yang memanjakan mata. Cukup dengan Rp 8.000,00 pengunjung dapat menikmati keindahan Agrowisata Bukit Naga. (*).

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom

Recent Posts

Penyelenggara KB Al-Azhar, Sambut Mahasiswa PKM Universitas Terbuka Pokjar Kudus

Penyelenggara KB Al-Azhar, Sambut Mahasiswa PKM Universitas Terbuka Pokjar Kudus PatiNews.Com - Kudus, "Selamat datang teman-teman mahasiswa Universitas Terbuka Pokjar…

42 menit ago

Tlogowungu Parade Bonsai, Ketika Hobi dan Seni Menyatu

Tlogowungu Parade Bonsai, Ketika Hobi dan Seni Menyatu PatiNews.Com - Tlogowungu, Banyak komunitas di masyarakat, dari komunitas otomotif, olah raga,…

1 jam ago

Hujan Tak Kunjung Turun, Ponpes Al Istianah Plangitan Pati Gelar Shalat Istisqo’

Hujan Tak Kunjung Turun, Ponpes Al Istianah Plangitan Pati Gelar Shalat Istisqo' Patinews.com - Kota, Musim kemarau berkepanjangan membuat sejumlah…

2 jam ago

Bupati Pati Buka Baksos Operasi Bibir Sumbing

Bupati Pati Buka Baksos Operasi Bibir Sumbing Patinews.com - Sosial, Bupati Pati Haryanto, membuka acara Bhakti Sosial (Baksos) operasi bibir…

3 jam ago

Peran Dibalik Layar Droping Air Bersih, Tak Bisa Disepelekan

Peran Dibalik Layar Droping Air Bersih, Tak Bisa Disepelekan Patinews.com - Kota, Kemarau panjang tahun ini merambah di sejumlah wilayah,…

3 jam ago

Dua Truk Tabrakan di Pantura Batangan, Hantam Satu Toko

Dua Truk Tabrakan di Pantura Batangan, Hantam Satu Toko Patinews.com - Batangan, Satu toko rusak berat akibat Laka Lantas yang…

4 jam ago