Buka Persami di Buper Regaloh, Dandim Pati Tekankan Pentingnya Pembentukan Karakter

Buka Persami di Buper Regaloh, Dandim Pati Tekankan Pentingnya Pembentukan Karakter

PatiNews.Com – Tlogowungu, Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos membuka Persami Saka Wira Kartika Kodim 0718/Pati Semester II TA. 2019 di Buper Regaloh Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati Jateng.

Dengan tema “Melalui Pembinaan  Kepramukaan Saka Wira Kartika, TNI AD Siap Membina dan Membentuk Generasi Muda Bangsa Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan Serta Berjiwa Kesatria Guna Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Demi Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia” Kegiatan ini diikuti oleh 102 orang peserta. Sabtu,19/10/2019.

Acara Perkemahan sabtu dan minggu (Persami) yang dibuka oleh Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sos pada pukul 10.00 wib dihadiri pula oleh Wa Kwarcab Pati, Danramil 13/Tlogowungu Kaptem Arm Budi S, Danramil 10/Dukuhseti Kapten Chb Kistono, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0718/Pati Kapten Inf Kusmiyanto, Ka Kwaran Trangkil, Dukuhseti dan Gembong.

Dalam amanatnya, Dandim Pati Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sos menyampaikan, ucapan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha karena dapat melaksanakan pembukaan Persami Saka Wira Kartika semester II tahun  2019 di Bumi perkemahan Regaloh Kecamatan Tlogowungu Pati.

“Kepada seluruh peserta persami agar betul-betul melaksanakan dengan baik guna memantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan, karena tantangan negeri pasca krisis moneter saat ini adalah tanggung jawab kita semua untuk membangun kembali negeri ini,” jelasnya.

“Tingkatkan intensitas dan kualitas gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter Bangsa bagi generasi muda, gerakan Pramuka hendaknya menjadi pelopor dalam membudayakan diri, senang bekerja keras serta cerdas dan iklas,” ucap Arief.

“Ajak kaum muda untuk meningkatkan semangat bela Negara, mantapkan tekat kaum muda sebagi patriot pembangunan dan amalkan Satya  Dharma Pramuka,” Tuturnya.

Perlu diketahui bahwa Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat Nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara

Saka Wira Kartika dibentuk berdasarkan Keputusan Bersama antara TNI AD dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor Perkasad 182/X/2007 dan Nomor 199 Tahun 2007 tentang  Kerjasama dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan. Diperkuat dengan Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Nomor 13/Munas/2008 tentang Satuan Karya Pramuka Wira Kartika. Dalam pelaksanaannya Saka ini diatur oleh Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 205 Tahun 2009 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika.

Sedangkan Kecakapan khusus dalam Saka Wira Kartika meliputi :
1. Krida Navigasi darat
2. Krida Pioneer
3. Krida Mountainering
4. Krida Survival
5. Krida penanggulangan bencana alam

Krida Navigasi Darat, Krida ini terdiri atas empat Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yaitu SKK Pengetahuan Peta dan Medan, SKK Kompas Siang dan Malam, SKK Pengetahuan Resection dan Intersection, dan SKK Pengetahuan Global Position System (GPS).

Krida Pioneering terdiri empat SKK yaitu SKK Tali Temali, SKK Pembuatan Jembatan Improvisasi, SKK Pembuatan Perkemahan, dan SKK Bekal Air dan Listrik. Krida Mountainering terdiri tiga SKK yaitu SKK Panjat Tebing, SKK Turun Tebing, dan SKK Travesing.

Krida Penanggulangan Bencana terdiri empat SKK yaitu SKK Manajemen Penanggulangan Bencana, SKK Perjalanan dan Penanganan Gawat Darurat (PPGD), SKK Pengetahuan Komunikasi Radio, dan SKK Tata Cara Memasak.

Kegiatan Persami yang berlangsung hari sabtu dan minggu yang diikuti dari anggota Pangkalan Koramil Trangkil, pangkalan Koramil Gembong, Pangkalan Koramil Dukuhseti dan pangkalan Kodim 0718/Pati adalah sebagai ajang penilaian ketrampilan krida yang sudah diberikan kepada para anggota Saka Wira Kartika dikemas dalam kegiatan Safari Krida yang dimulai dari pukul 13.00 wib sampai dengan pukul 17.00 wib.

Dalam kegiatan safari krida diaplikasikan bahwa setiap regu yang sudah terbentuk diberangkatkan dari start dan menuju rute yang telah ditentukan oleh panitia yakni menuju pos demi pos yang sudah menanti dengan materi masing-masing Krida.

Inilah pos yang harus dilalui para peserta, Pos Krida Navigasi darat coordinator Pelda M. Syaiful ulum Babinsa Koramil 06/Margoyoso, Pos Krida Pioneering Serka Yuhari Babinsa Koramil 14/Gunungwungkal, Pos Krida Mountainering coordinator Materi Pelda Teguh Pujihardi, Krida Survival Koordinator Materi Serka Imam Staf Terotorial Kodim Pati, Pos Krida penanggulangan bencana alam Koordinator Materi Serka Karmain Koramil 01/Pati dan Perwira Koordinator Kapten Cba Kistono Danramil 10/Dukuhseti. (pn/ Snpt/Pendim)

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom

Recent Posts

121 Desa Gelar Pilkades Serentak, Polres Pati Terjunkan 1.359 Personel

121 Desa Gelar Pilkades Serentak, Polres Pati Terjunkan 1.359 Personel Patinews.com - Kota, 1.359 personel Polres Pati siap mengamankan jalannya…

44 menit ago

Inspiratif, Penjual Pecel ini Diwisuda dari PKH

Patinews.com - Rembang, Di sejumlah tempat, banyak warga yang ingin mendapatkan bantuan dari pemerintah. Bahkan, ada sebagian masyarakat yang rela…

12 jam ago

Jelang Nataru, Pemprov Jateng Antisipasi Lonjakan Harga

Patinews.com - Jateng, Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), kebutuhan konsumsi masyarakat diprediksi meningkat. Peningkatan tersebut harus diwaspadai dengan…

12 jam ago

Potensi Green Sukuk di Indonesia

Sumber : Bareksa.com Melihat pertumbuhan trend pada sukuk dunia, saat ini diproyeksi akan terus tumbuh hingga USD 130 miliar. Mengingat…

13 jam ago

Klub Voli Binaan Polres Pati, Borong Piala Bupati

Klub Voli Binaan Polres Pati, Borong Piala Bupati PatiNews.Com - Olahraga, Selama seminggu, digelar kejuaraan bola voli di Gedung Olahraga…

19 jam ago

Pemkab Pati Salurkan Bantuan Korban Bencana

Pemkab Pati Salurkan Bantuan Korban Bencana Patinews.com - Kota, Bertempat di Ruang Penjawi Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Pemkab menyalurkan bantuan…

2 hari ago