Bersama Warga, Prajurit TNI Pati Bebaskan Sungai Silugonggo Dari Sampah

Bersama Warga, Prajurit TNI Pati Bebaskan Sungai Silugonggo Dari Sampah

Bersama Warga, Prajurit TNI Pati Bebaskan Sungai Silugonggo Dari Sampah/ dok Pendim 0718 Pati

PatiNews.Com – Juwana, Danramil 02/Juwana Kapten Inf Yahudi, S.Sos memimpin kegiatan karya bhakti gotong royong membersihkan sampah di sungai Silugonggo yang melintas di Syabandar dan TPI Juwana Ds. Bajomulyo Kec. Juwana Kan.  Pati. (Jumat, 29/09/2017). 
Sebelum melakukan pembersihan sampah terlebih dahulu dilaksanakan  apel kesiapan oleh Danramil 02/Juwana Kapten Inf Yahudi didampingi Kepala Syabandar Bpk. Japet Simanjuntak juga ikut terjun dalam rangka kegiatan ini sekaligus memperingati Hari maritim yang jatuh pada tanggal 28 September 2017
Personel yang terlibat sebanyak 70 orang terdiri dari Anggota Koramil, Polsek, Kecamatan,  Syahbandar, Kamla, TPI dan warga masyarakat setempat 20 Orang. Bentangan aliran sungai yang dibersikan di bibir Sungai Silugonggo 
Danramil 02/Juwana Kapten Inf Yahudi, S.Sos menyampaikan Bersih bersih sampah sungai Silugonggo merupakan rangkaian dari program dan Target bahwa Sungai Juwana kita bebaskan dari Sampah sehingga lestari dan nyaman untuk kepentingan Masyarakat.kegiatan ini akan di laksanakan setiap Bulan bersama dengan instansi lainya 

 

Melalui kegiatan Jumat Bersih ini, semua aliran sungai Silugonggo dibersihan dari sampah dan limbah industri yang selama ini mencemari sungai Silugonggo, termasuk semua anak sungai yang berada di wilayah Kec. Juwana yang bermuara ke sungai Silugonggo.
 Diungkapkan Danramil 02/Juwana melalui kegiatan Bersih bersih sampah diharapkan bisa menumbuhkan budaya malu buang sampah sembarangan, sekaligus memotivasi masyarakat di sepanjang aliran sungai Silugonggo untuk tidak membuang sampah ke sungai.untuk itu harapanya masyarakat harus sadar akan bahaya membuang sampah sembarangan sehingga mengganggu aktivitas kapal terutama kapal yang ukuran kecil.
“Koramil 02/Juwana bekerja sama dengan kelurahan juga akan mendata warga masyarakat yang belum memiliki pembuangan kakus sendiri dan  masih memanfaatkan sungai sebagai tempat pembuangannya, untuk kemudian akan dibantu dibuatkan Jambanisasi yg merupakan Program TNI Ad, sehingga sungai bisa bebas dari kotoron limbah,” ujarnya.
Kepala Syabandar Juwana Japet Simanjuntak menyambut baik kegiatan Bersih bersih sampah ini sekaligus memberikan Apresiasi kepada Koramil yang telah memotori kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini sangat berarti sekali untuk menjaga aliran sungai dari tumpukan sampah. Apalagi lanjutnya beberapa titik di Sungai Silogonggo lebar sungainya sudah mulai mengecil sehingga menghambat aliran di karenakan banyaknya  tumpukan sampah dan sekaligus mengganggu aktivitas Kapal. 
“ini perlu penyadaran kepada semua pihak terutama pemilik kapal harus menjadi perintis serta menjadi contoh kepada masyarakat untuk tertib tidak membuang sampah di sungai.kita laks kegiatan ini sekligus mendukung hari maritim dengan melaksanakan kegiatan sosial kerja bhakti untuk kepentingan masyarakat pada umumnya”,  Ujarnya.

Baca juga:   Discover Pati, Sabet Juara 1 Festival Film Iklan Nasional

(pd

Bersama Warga, Prajurit TNI Pati Bebaskan Sungai Silugonggo Dari Sampah | patinews.com | 4.5

Leave a Reply