Beri Materi Wasbang, Danramil Dukuhseti Minta Satlinmas Peka Kondisi Lingkungan

Beri Materi Wasbang, Danramil Dukuhseti Minta Satlinmas Peka Kondisi Lingkungan

PatiNews.Com – Kota, Danramil 10/Dukuhseti Kodim 0718/Pati menghadiri undangan Satpol PP Kabupaten Pati sebagai narasumber materi wawasan kebangsaan (Wasbang) dalam rangka kegiatan pembentukan dan pembekalan Satuan Keamanan Lingkungan di Masyarakat wilayah Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati, bertempat di aula Kecamatan Dukuhseti, Senin (26/11/2018).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Dukuhseti Slamet Edy Waluyo SH, Kapolsek Dukuhseti AKP Sunaryo SH, Kasatpol PP Kabupaten Pati Heru SH, Kasi Trantib Kecamatan Dukuhseti Supriyanto serta perwakilan Linmas sebanyak 40 orang.

Danramil 10/Dukuhseti Kapten Infanteri Hadi Saputro SH dalam penyampaian materi wawasan kebangsaan, mengajak kepada anggota Linmas Kecamatan Dukuhseti untuk lebih peka terhadap situasi dan kondisi lingkungan di desanya terutama keamanan dan ketertiban desa, selalu mewaspadai tamu asing atau orang asing yang ada didesa.

“Hal ini merupakan wujud peran aktib linmas dalam usaha deteksi dini dan cegah dini terhadap kemungkinan adanya tindakan yang menganggu keamanan dan ketertiban desa,” ujar Danramil.

Lebih lanjut Danramil Dukuhseti juga menyampaikan bahwa linmas merupakan mitra Babinsa dan Babikamtibmas, oleh karena itu peran Linmas sangatlah dibutukan apalagi menjelang Pilpres 2019 yang saat ini suhu politik sudah mulai memanas. Selain itu, jaga kondisi keamanan dan ketertiban desa menjelang Pilkades secara serentak di Kabupaten Pati yang akan digelar pada 15 Desember 2018 mendatang.

Baca juga:   Peringati Haul Kyai Sahal, STAIMAFA Gelar Berbagai Agenda

“Linmas merupakan unsur terdepan dalam pengamanan pusat pemungutan suara yang ada didesanya. Dengan tugas yang semakin komplek melalui peraturan menteri dalam negeri Nomor 84 tahun 2014 maka tugas linmas diantaranya membantu penanggulangan bencana, membantu menjaga keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial masyarakat, membantu menjaga keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat dalam rangka Pemilu dan membantu upaya pertahanan negara sebagai komponen cadangan,” tandasnya.

Sementara itu Camat Dukuhseti Slamet Edy Waluyo SH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danramil dan Kapolsek Dukuhseti yang telah memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada Linmas wilayah Kecamatan Dukuhseti.

“Diharapkan setelah adanya pembekalan dan penyuluhan ini, mendapatkan bekal pengetahuan dan ketrampilan dalam melaksanakan tugasnya,” kata Camat Dukuhseti. (pn/ Wn)

Beri Materi Wasbang, Danramil Dukuhseti Minta Satlinmas Peka Kondisi Lingkungan | patinews.com | 4.5

Leave a Reply