Berantas Sarang Nyamuk dengan SIKAT WAE

PatiNews.com – Kayen, Puskesmas Kecamatan Kayen Kabupaten Pati melaksanakan Gerakan  Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bersama Muspika Kayen yang di selenggarakan di aula Puskesmas, Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, Sabtu (09/2/2019).

Siaga Masyarakat Waspada Aides Aigepty (SIKAT WAE)

Wujud dari sinergitas antara Muspika dan Puskesmas Kayen dalam kegiatan positif yaitu diselenggarakannya Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Aula Kecamatan Kayen ,hal ini sejalan dengan instruksi Bupati Pati nomor 443.42/384 tahun 2016 yaitu Siaga Masyarakat Waspada Aides Aigepty (SIKAT WAE). Dalam Kesempatan tersebut dirumuskan langkah dan tindakan nyata serta kesegeraan mengingat wilayah Kecamatan Kayen baru-baru ini telah dilanda bencana banjir,dimana dampak paska banjir salah satunya adalah meningkatnya pertumbuhan nyamuk secara signifikan.

Dalam kegiatan tersebut hadir dr. Indri Puspitasari, Camat Kayen Bapak Drs Didik Rusdiartono, Danramil 04/Kayen Kapten Cba M. Zuhri Antoro dan Kapolsek Kayen Akp Sutopo SH serta team kesehatan Kecamatan Kayen.

Saat menyampaikan sambutan pada kegiatan dr Indri Puspitasari menjelaskan  PSN adalah upaya untuk mengurangi jumlah nyamuk dengan melakukan pemberantasan jentiknya dan untuk mencegah tumbuhnya penyakit DBD, diharapkan masyarakat turut berperan aktif dalam program Satu Rumah Satu Jumantik. dalam program itu,yaitu setiap satu rumah memiliki satu juru pemantau jentik nyamuk, dan setiap satu minggu sekali melakukan pemeriksaan jentik di rumahnya masing-masing.

Baca juga:   Bagikan Sertifikat PTSL, Bupati Haryanto Himbau Masyarakat Tak Terprovokasi Berita Negatif

Selain itu Danramil juga memberikan sambutannya mengajak masyarakat Kecamatan Kayen untuk turut aktif berperan menjaga kebersihan lingkungan karena lingkungan yang tidak bersih merupakan salah satu sumber utama tempat berkembang biaknya nyamuk. “Ini merupakan gerakkan secara serentak untuk pemberantasan nyamuk mencegah DBD dan penyakit-penyakit yang dibawa oleh nyamuk.

“Jadi, kami sampaikan kepada masyarakat melalui sosialisasi dan langkah-langkah pencegahan yang tepat di seluruh desa-desa sekecamatan Kayen agar turut berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan. Karena sebanyak apa pun petugas kesehatan yang disiagakan, kalau lingkungannya tidak bersih akan menjadi potensi tempat sarang nyamuk,” jelas Danramil.

Sosialisasi kegiatan lapangan langsung dilakukan,sasaran pertama adalah desa Kayen dan berlanjut ke desa-desa lainnya yaitu dengan membagikan bubuk Abate untuk membunuh jentik nyamuk.Pada pelaksanaan di dukuh Carian Rt 3/6 dan Rt 8/6 desa Kayen penaburan Abate dilakukan di kolam – kolam,kamar mandi warga yang dilakukan oleh petugas puskesmas kayen didampingi Babinsa Koramil 04/ Kayen,babinkabtibmas polsek Kayen,dan siswa dari SMA PGRI Kayen. Dengan demikian program yang dicanangkan Bupati Pati dan tujuan mencegah terjangkitnya DBD akan dapat diatasi. (pn/ k/ sol)

Berantas Sarang Nyamuk dengan SIKAT WAE | patinews.com | 4.5

Leave a Reply