Bati Tuud Koramil 20 Tambakromo, Hadiri Pengajian Umum Haul Nyi Ageng Ngerang

Bati Tuud Koramil 20 Tambakromo, Hadiri Pengajian Umum Haul Nyi Ageng Ngerang

PatiNews.Com, Tambakromo – Bertempat dihalaman Makam Nyi Ageng Ngerang Dukuh Ngerang Desa Tambakromo Pelda Ramidi, Bati Tuud Koramil 20/Tambakromo bersama 5 orang anggota hadiri acara Pengajian Umum dalam rangkaian Haul Nyi Ageng Ngerang, Sabtu (08/09/18).

Sudah menjadi sebuah tradisi masyarakat Dukuh Ngerang Desa Tambakromo Kabupaten Pati selalu mengadakan acara haul bagi leluhur mereka, yaitu Nyi Ageng Ngerang. Kebiasaan yang sudah mendarah daging ini adalah budaya nenek moyang yang dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat Dukuh Ngerang desa Tambakromo.

Dalam acara pengajian kali ini selain dihadiri masyarakat setempat, hadir pula jama’ah dari berbagai penjuru dari wilayah kabupaten Pati. Karena pengagungan kepada tokoh yang dihauli, para pengunjung tidak peduli berapa jauh jarak yang harus ditempuh dan berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk menghadiri pengajian haul ini. Bahkan dari sebagian pengunjung ada yang bersusah payah memaksakan diri untuk hadir dalam acara haul dengan mengorbankan waktu, harta dan tenaga.

Hadir dalam acara pengajian tersebut diantaranya, Habib Idrus Bin Muhammad Yahya dari Kudus, Habib Anis Bin Yahya dari Jakarta, Muspika Tambakromo, Kades Tambakromo, Segenap Panitia serta jama’ah pengajian.

Dalam ceramahnya, Habib Idrus Bin Yahya menyampaikan bagaimanakah sebenarnya hukum haul dalam pandangan Islam.

“Sebagai seorang muslim sejati yang selalu mengutamakan kebenaran, semua permasalahan harus dikembalikan kepada al-Qur’an dan as-Sunnah, dengan tidak mengedepankan hawa nafsu dan taqlid (ikut-ikutan) semata. Sikap seperti inilah yang sepatutnya dimiliki oleh setiap muslim yang benar-benarnya, “tuturnya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“Jika kalian berselisih pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur’an) dan Ar-Rosul (as-Sunnah), jika kalian benar-benar beriman kepada Alloh dan Rasul-Nya. Yang demikian itu lebih utama bagi kalian dan lebih baik akibatnya.”(QS.An– Nisaa’ [4] : 59)

Dengan mengharapkan taufiq dan hidayah Allah Subhanahu wa Ta’ala, insyaAllah akan kita kupas tuntas hukum haul berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah.

Adapun tujuan haul itu sendiri adalah untuk mengenang jasa dan hasil perjuangan para tokoh yang dihauli terhadap umat dan agama.

Haul yang dianggap ibadah dengan beragam acara seperti membaca al-Qur’an, dzikir, dan tahlil adalah bid’ah yang munkar.
Membaca al-Qur’an, dzikir, dan tahlil adalah ibadah dan perbuatan yang mulia. Tetapi, jika cara, waktu, tempat, dan jumlah ibadah tidak sesuai dengan ketentuan syariat Islam, maka akan menjadi bid’ah yang munkar.

“Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kepada kita taufiq dan hidayah-Nya agar kita selalu meniti jejak sunnah Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan para sahabatnya yang mulia. Aamin,” pungkasnya. (pn/ dm)

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom

Recent Posts

Bupati Pati Buka Baksos Operasi Bibir Sumbing

Bupati Pati Buka Baksos Operasi Bibir Sumbing Patinews.com - Sosial, Bupati Pati Haryanto, membuka acara Bhakti Sosial (Baksos) operasi bibir…

15 menit ago

Peran Dibalik Layar Droping Air Bersih, Tak Bisa Disepelekan

Peran Dibalik Layar Droping Air Bersih, Tak Bisa Disepelekan Patinews.com - Kota, Kemarau panjang tahun ini merambah di sejumlah wilayah,…

41 menit ago

Dua Truk Tabrakan di Pantura Batangan, Hantam Satu Toko

Dua Truk Tabrakan di Pantura Batangan, Hantam Satu Toko Patinews.com - Batangan, Satu toko rusak berat akibat Laka Lantas yang…

1 jam ago

Agar Tak Kalah Bersaing, BUMdes Harus Kuat Permodalan

Agar Tak Kalah Bersaing, BUMdes Harus Kuat Permodalan Patinews.com - Kota, BUMdes (Badan Usaha Milik Desa) sudah berjalan 1 tahun…

1 jam ago

Bersama CSR Perusahaan, Kodim Pati Laksanakan Screening 14 Pasien Operasi Bibir Sumbing

Bersama CSR Perusahaan, Kodim Pati Laksanakan Screening 14 Pasien Operasi Bibir Sumbing PatiNews.Com - Kota, Pembukaan Screening operasi bibir sumbing…

5 jam ago

Kejurprov, Tim Volly Pantai Putra Pati Raih Kemenangan Pertama

Kejurprov, Tim Volly Pantai Putra Pati Raih Kemenangan Pertama PatiNews.Com - Jateng, Kejuaraan bola volly pantai tingkat propinsi Jawa Tengah…

7 jam ago