Bandeng Cabut Duri, Sebagai Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)

Bandeng Cabut Duri, Sebagai Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)

PatiNews.Com – Dukuhseti, KKN Undip Desa Dukuhseti bersama Bidan Desa dan puluhan kader dari 11 Posyandu menyelenggarakan kegiatan bertajuk Pelatihan Cabut Duri Ikan Badeng sebagai Makanan Pendamping ASI. Rabu 13 Februari 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka sebagai upaya mengurangi kasus kurang gizi pada bayi dan balita di Desa Dukuhseti, khususnya Dukuh Slempung. Kegiatan ini merupakan kegiatan Abdimas (Pengabdian Masyarakat) KKN UNDIP Tim I 2019 yang bekerjasama dengan salah satu dosen pembimbing lapangan, Besar Tirto Husodo, S.Sos., M.Kes.

Acara ini dibuka oleh Sukarji selaku Kepada Desa Dukuhseti. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan kedepannya masyarakat dapat memanfaatkan bandeng yang mudah didapatkan di Desa Dukuhseti menjadi MP-ASI dengan harapan agar kedepannya tidak ada lagi kasus gizi buruk.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi, sesi pertama pemaparan mengenai Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan yang mempengaruhi kondisi gizi anak oleh Rizki Saraswati dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP.

Dalam sesi kedua, dihadirkan pengusaha bandeng cabut duri dari Kecamatan Tayu yang nantinya akan memandu kader-kader posyandu untuk mempraktikkan cara membuat bandeng cabut duri dan mengolahnya menjadi MP-ASI.

Setiap kader posyandu mendapatkan 1 buah pinset dan 1 ekor bandeng untuk ikut mempraktikkan cara membuat bandeng cabut duri. Acara ditutup dengan penyerahan lembar balik bertemakan 1000 Hari Pertama Kehidupan kepada Ibu Siti Mariana selaku Bidan Desa dan 11 kader perwakilan posyandu. (pn/)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

35 Juta Masker Kain Untuk Jateng

PatiNews.Com - Jateng, 35 Juta Masker untuk Jateng, itulah gerakan yang dicetuskan Gubernur Jawa Tengah…

5 jam ago

Wajib Pakai Masker

  Patinews.com – Kota, Hari ini, Senin 06 April 2020, Bupati Pati Haryanto mengelurkan Surat…

7 jam ago

Polsek Cluwak Bergerak Terus, Untuk Memutus Rantai Penyebaran Virus

Patinews.com – Cluwak, Polsek Cluwak gencar melaksanakan woro-woro (pemberitahuan) dalam rangka untuk mengantisipasi penyebaran Virus…

7 jam ago

Kades Ngemplak Lor Bersama Relawan, Bagikan Sembako Gratis

Kades Ngemplak Lor Bersama Relawan, Bagikan Sembako Gratis PatiNews.Com - Margoyoso, Atas inisiatif dan anggaran…

9 jam ago

Pemkab Pati Terima Bantuan 1.000 APD

Pemkab Pati Terima Bantuan 1.000 APD PatiNews.Com - Kota, Hari ini Senin, 06 April 2020,…

9 jam ago

Kodim 0718 Bantu Pemenuhan Stok Darah PMI Pati

Kodim 0718 Bantu Pemenuhan Stok Darah PMI Pati PatiNews.Com - Kota, Ditengah kondisi dan situasi…

13 jam ago