Categories: Berita

Antusias Mahasiswa Madura Tingkatkan Minat Pendidikan di Pati

Antusias Mahasiswa Madura Tingkatkan Minat Pendidikan di Pati

PatiNews.Com – Kota, Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang tergabung dalam organisasi Mahasiswa Perantauan Pati (MERPATI) kembali mengadakan agenda tahunan yaitu Merpati Goes To School (MGTS) di SMA, SMK, dan MA Kabupaten Pati.

MERPATI merupakan organisasi daerah yang mewadahi para mahasiswa asal Kabupaten Pati di UTM. Kegiatan ini merupakan program kerja rutin tahunan dari salah satu devisi MERPATI yaitu Pemberdayaan Organisasi Sumber Daya Manusia (POSDM).

“Tujuan utama dari kegitan ini tidak hanya memperkenalkan kampus UTM, akan tetapi bagaimana kita sebagai putra-putri daerah asal Pati dapat meningkatkan minat siswa-siswi harapan bangsa untuk memilih bangku perkuliahan sebagai jalan mereka dalam menggapai masa depan,” Ujar Gibran Maulana selaku Ketua Umum MERPATI 2020.

MGTS dilaksanakan pada tanggal 1 Januari – 2 Februari 2020 dengan Ketua Pelaksana Allita Marsya yang mengusung tema Find your potential know your passion to get bright future dengan arti temukan potensimu, ketahui kemampuan untuk meraih masa depan yang cerah.

“MGTS ini merupakan kegitan positif untuk mengisi liburan kami, dengan memberikan informasi dan motivasi dunia perkuliahan. Harapannya adik-adik SMA, SMK dan MA memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan dibangku perkuliahan tidak hanya di UTM tetapi di perguruan tinggi negeri lainnya demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Pati,” Tambah Allita Marsya.

Kegiatan ini dimulai dari MA Miftahul Huda Tayu pada tanggal 7 Januari 2020 dan dilanjut 15 SMA, SMK dan MA di Kabupaten Pati. Selain melakukan sosialisasi tentang UTM, adik-adik juga diberikan informasi mengenai cara masuk perguruan tinggi negeri, beasiswa serta tak lupa pemberian motivasi pentingnya pendidikan tingkat lanjut.

“Orientasi dari MGTS ini jangan hanya mengenalkan UTM saja, tetapi juga memotivasi adik-adik SLTA sederajat Kabupaten Pati yang perlu ditekankan saat penyampaian di kelas, dan lebih perluasan atau penambahan sekolah terutama wilayah-wilayah yang dirasa minat akan pendidikan tingkat lanjut masih kurang,” Ujar M. Faishol Hidayat selaku Ketua Umum MERPATI 2018.

MERPATI juga mengikuti acara EXPO Campus di banyak sekolah antara lain, MA Mahida Ngagel pada tanggal 4 Januari, SMA Negeri 2 Pati pada 19 Januari, SMA Negeri 1 Tayu pada tanggal 24 Januari, SMA Negeri 1 Pati pada tanggal 25 Januari, MA Darunnajah pada tanggal 26 Januari, dan MAN 2 Pati pada tanggal 2 Februari 2020.

“Minat akan pendidikan tingkat tinggi di Kabupaten Pati masih kurang, beberapa disebabkan oleh faktor biaya. Sehingga dengan adanya MGTS dan EXPO Campus ini dapat memberikan informasi mengenai beasiswa-beasiswa tidak hanya di UTM tetapi di perguruan tinggi yang lain,” ujar Ketua Pelaksana.

Harapan kedepan untuk MGTS di setiap tahunnya dapat dikemaa lebih inovatif, menarik dan relevan dengan perkembangan zaman sehingga cocok dengan semua kalangan.

” Saya terkesan dengan MERPATI yang tanpa diupah teman-teman mau dan bersemangat memberikan informasi perkualiahan, juga sekaligus memberikan motivasi adik-adik untuk menempuh pendidikan tingkat lanjut, walaupun cuaca yang kadangkala kurang mendukung karena musim penghujan,” pungkas M. Faishol Hidayat. (adl/sya)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Masuk Mako Satlantas Polres Pati, Wajib Ikuti Prosedur Ini

Masuk Mako Satlantas Polres Pati, Wajib Ikuti Prosedur Ini Patinews.com – Kota, Sebagai upaya antisipasi…

1 jam ago

Antisipasi Corona, Warga Desa Jimbaran Kayen, Tunda Pesta Hajatan

Antisipasi Corona, Warga Desa Jimbaran Kayen, Tunda Pesta Hajatan Patinews.com – Kayen, Demi keselamatandari wabah…

2 jam ago

Bikin Corona Lari, Kodim 0718 Terima Bantuan 10 Sprayer dari Gusdurian Pati

Patinews.com - Kota, NKRI Bersatu Melawan Corona itulah tema spanduk yang terpampang didepan Markas Kodim 0718/Pati…

3 jam ago

Masuki Area Setda Pati, Wajib Dicek Suhu Badan

Masuki Area Setda Pati, Wajib Dicek Suhu Badan Patinews.com – Kota, Pemerintah Kabupaten Pati terus…

5 jam ago

Senam Pagi Ala Polisi di Pati, Hadang Virus Corona

Senam Pagi Ala Polisi di Pati, Hadang Virus Corona PatiNews.Com - Kota, Antisipasi dilakukan oleh…

9 jam ago

Belum Ada Warga Pati Positif Corona, Satu PDP Masih Menunggu Hasil Lab

Belum Ada Warga Pati Positif Corona, Satu PDP Masih Menunggu Hasil Lab PatiNews.Com - Kota,…

11 jam ago