Antisipasi Banjir, Pemkab Pati Turunkan Ekskavator Bersihkan Jembatan Pakis Tayu

Antisipasi Banjir, Pemkab Pati Turunkan Ekskavator Bersihkan Jembatan Pakis Tayu

PatiNews.Com – Tayu, Sabtu (11 Januari 2020). Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) menerjunkan alat berat untuk membersihkan sungai di bawah Jembatan Pakis, Kecamatan Tayu, dari timbunan sampah agar terhindar dari banjir.

Timbunan sampah tersebut antara lain terdiri atas bambu, kayu, batang pohon pisang, dan berbagai jenis limbah rumah tangga.

Proses pembersihan sungai dilakukan sejak pagi. Bupati Pati Haryanto meninjau lokasi pada sore harinya, usai membantu pembuatan tanggul darurat di Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti.

Selain menggunakan alat berat, ada pula beberapa petugas yang terjun langsung ke sungai untuk melakukan pembersihan secara manual. Mereka bertugas mendorong sampah mendekati ekskavator. Sebab, ekskavator yang beroperasi dari tepi sungai bagian barat tidak mampu menjangkau sampai tengah sungai.

Kabid Sumber Daya Air pada DPUTR Kabupaten Pati Sumarto mengatakan, luasan wilayah sungai yang dibersihkan ialah sekitar 500 meter persegi, atau 50 x 10 meter.

“Kalau penumpukan sampah ini tidak segera ditangani, dikhawatirkan akan terjadi banjir yang parah. Apalagi ini menjelang puncak musim penghujan,” sambungnya.

Sumarto menjelaskan, sampah yang menumpuk di sungai ini telah cukup lama keberadaannya. Sudah mengeras (mengendap), sehingga dibutuhkan tindakan serius dan kerja ekstra keras.

“Kelihatannya tidak akan tuntas dalam sehari. Sebab volume sampah cukup besar dan sudah mengendap. Butuh waktu cukup lama. Perkiraan tuntas dalam dua sampai tiga hari ke depan,” urai Sumarto.

Kepada masyarakat, Sumarto berpesan agar mereka meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan sungai. Menurutnya, masih banyak di antara masyarakat yang seolah-olah menganggap sungai sebagai tempat sampah.

“Ini perilaku yang kurang baik dan perlu diubah. Mudah-mudahan, seiring berjalannya waktu, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dapat meningkat,” tandasnya. (pn/ hms).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Gandeng Tokopedia, Gubernur: Bayar PBB se-Jateng Cukup Pakai Aplikasi HP

Patinews.com - Jateng, Bekerja sama dengan Tokopedia, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) meluncurkan fitur pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan…

6 jam ago

Beberapa Masker Ini Dapat Membantu Terhindar Dari Virus Corona

Hingga saat ini penggunaan masker dipercaya dapat membantu mencegah penularan virus. Tetapi supaya bisa terhindar dari virus corona tersebut, kamu…

7 jam ago

Jajaki Pembuatan Sub Terminal Agribisnis, DPMPTSP Pati Konsultasi ke STA Bandungan

Patinews.com - Kota, Pemasaran, saat ini merupakan kendala besar yang dimiliki oleh petani. Rata-rata di Indonesia, petani tidak mempunyai kekuatan…

7 jam ago

Desa Soneyan Margoyoso Mendadak Didatangi Ratusan Prajurit TNI

Patinews.com - Margoyoso, Ratusan Prajurit dari Kodim 0718/Pati melaksanakan kegiatan Minggu Militer dengan materi Ketahanan Mars yang dilaksanakan di desa…

9 jam ago

Kasi Humas Polsek Jakenan, Bantu Obati Warga Digigit “Ulo Ijo”

Patinews.com - Jakenan, Disamping melaksanakan tugas sehari hari sebagai Kasi Humas Polsek Jakenan, Aiptu Pudiyanto sering kali di Datangi warga…

10 jam ago

Bupati Pati Soroti Dampak Keterlambatan Pembayaran Listrik

Patinews.com - Kota, Bupati Pati Haryanto menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT. PLN UP3 Kudus dan RS Mitra Bangsa di ruang…

11 jam ago