Ajarkan Demokrasi, MA Walisongo Kayen Gelar Pemilihan Ketua OSIS

PatiNews.Com – Kayen, Ajarkan untuk berdemokrasi, Madrasah Aliyah (MA) Walisongo Kayen Pati sukses menggelar pemilihan OSIS baru masa bakti 2019/2020, Kamis (19/9/2019).

Dalam kegiatan itu, semua siswa menggunakan hak pilihnya untuk memilih dua pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS yang sudah lolos seleksi.

Dilansir dari laman Kemenag, Kepala MA Walisongo, Sunoto mengatakan, kegiatan pemilihan ketua OSIS yang dilaksanakan MA Walisongo sebagai miniatur untuk menciptakan demokrasi di lingkungan pendidikan.

“Paling tidak dengan adanya pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS, siswa sudah mengerti kenapa kita harus memilih pemimpin, dan tidak gampang melakukannya saat sudah waktunya memilih maupun dipilih,” ucapnya.

Menurut dia, cara seperti itu efektif menjadi ajang pembelajaran demokratisasi sejak dini kepada para pelajar yang nantinya terjun ke masyarakat. Melalui kegiatan itu, secara tidak langsung sekolah dapat menerapkan cara berdemokrasi kepada para siswa dengan memilih pasangan ketua dan wakil ketua OSIS. Dalam pemilihan tersebut yang mendapatkan hak pilih adalah para siswa, pengurus OSIS periode sebelumnya, para staf sekolah, guru hingga kepala sekolah. Calon pasangan ketua dan wakil ketua OSIS.

Kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini, lanjutnya merupakan program kerja sekolah dan OSIS. Tujuannya untuk memilih ketua dan wakil ketua OSIS baru, memupuk persatuan dan kesatuan antar keluarga MA Walisongo serta meningkatkan solidaritas antar siswa dan yang paling penting menerapkan siswa secara dini demokrasi yang jujur dan adil.

Dirinya pun menambahkan, dalam pelaksanaan pemilihan ini telah melalui tahapan penjaringan pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS dilaksanakan satu bulan sebelum pelaksanaan pemilihan setiap kelas mengajukan calon.

Di tahun yang akan datang mereka akan menjadi pemilih muda untuk pemilu-pemilu se­perti kepala daerah maupun presiden. Untuk itu perlu dikenalkan bagaimana iklim demo­krasi sejak dini pada mereka, agar da­pat meng­gunakan hak suara dengan bijak nan­tinya,” tandasnya.

Kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS di MA Walisongo ini lebih unik dan menarik dengan mengambil tema pedesaan mulai dari penataan tempat, pakaian dan lain-lain. (* dok Kemenag Pati).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Patroli Gabungan, Polsek Sukolilo Cegah Tawuran Antar Desa

Patroli Gabungan, Polsek Sukolilo Cegah Tawuran Antar Desa PatiNews.Com - Sukolilo, Bersama Sat Sabhara, Sat…

29 Mei 2020

Gus Mus, Ulama Kharismatik

Gus Mus, Ulama Kharismatik Penulis: Eva Ismayani Putri KH. A. Mustofa Bisri atau panggilan akrab…

29 Mei 2020

Resep Rendang Ayam yang Membuat Kamu Ketagihan Saat Mencobanya

Rendang merupakan olahan daging yang kaya akan bumbu serta rempah yang penyajiannya terhitung susah susah…

29 Mei 2020

MAU TAHU? INILAH BEBERAPA FILM YANG MENGANGKAT SEJARAH INDONESIA

Sejarah Indonesia memang memiliki berbagai cerita tentang perjuangan yang mengagumkan, Semangat untuk memerdekakan Republik Indonesia…

28 Mei 2020

Kisah Gonggik, warga Sluke Rembang yang selamat dari Kejadian Tebing Longsor di Desa Blimbing

REMBANG,Dua orang meninggal dunia dan satu orang terluka akibat tebing longsor di lokasi tambang Desa…

28 Mei 2020

Virus Malas, Merusak Kehidupan Dunia dan Akhirat

Virus malas yang menjangkiti setiap manusia merupakan biang penyakit yang sangat berbahaya dan merusak kehidupan…

28 Mei 2020