Ada 10 Desa Berpotensi Rawan Pilkades, Polres Pati Sebar 1.300 Personil

Ada 10 Desa Berpotensi Rawan Pilkades, Polres Pati Sebar 1.300 Personil

PatiNews.Com – Kota, Polres Pati melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan dengan mengerahkan seribu tiga ratusan personilnya ke 121 desa yang bakal menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, menjelang hingga berakhirnya tahapan pemilihan.

Apel tersebut digelar hari ini di Stadion Joyokusumo Pati. Jum’at, 20 Desember 2019.

Personil yang dikerahkan itu merupakan anggota Polri gabungan Polres Pati, polres tetangga, serta Direktorat Sabhara dan Sat Brimob Polda Jateng.

Polres Pati telah mengantisipasi potensi kerawanan kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas selama penyelenggaraan Pilkades Serentak pada Sabtu (21/12/2019).

Seribu tiga ratusan personil kepolisian telah menempatkan diri di desa-desa yang akan pilkades selama tiga hari hingga Minggu (22/12/2019).

Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun menuturkan, khusus untuk pengamanan di tempat-tempat pemungutan suara pilkades di 121 desa pihaknya menempatkan seribu tiga ratus personil gabungan dari polres tetangga, serta dari Polda Jateng.

Mereka disebar ke desa-desa sasaran usai apel pergeseran pasukan Pilkades Serentak Tahap III 2019.

“Untuk desa rawan itu dinamis yang awalnya lima desa rawan tapi pada saat kampanye kemarin kami coba perhatikan di desa tersebut kami sendiri mengubah desa rawan menjadi sepuluh desa. Ini nanti ada perlakukan khusus di 10 desa itu, diantaranya penebalan pasukan dan juga ada pasukan lain yang bersifat tertutup yang bersifat kegiatan tertutup melakukan penggalangan-penggalangan tokoh di desa tersebut,” ujar Kapolres.

Selain penebalan pasukan dan penggalangan dengan tokoh-tokoh maupun cakades beserta pendukungnya, kata Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun, untuk pengamanan ini pihaknya juga menyiapkan personil bergerak yang akan berpatroli bersama anggota TNI, untuk menangani permasalahan yang muncul lebih cepat.

“Seperti di Juwana, di kecamatan ini akan ada dua puluh desa sehingga pasukannya akan lebih banyak. Jadi dipastikan di semua desa bila terjadi permasalahan pada saat itu pasukan kami siap (stand by) semuanya,” sambung AKBP Bambang Yudhantara Salamun.

Kapolres berharap dengan pola pengamanan serta menggerakan satgas-satgas khusus yang dibentuknya, penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap III di 121 desa di Pati dapat berjalan sesuai keinginan semua pihak. (pn/ dok Humas Respati)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020