membangun kabupaten pati

Perpaduan Budaya Tradisional dan Olah Raga Bakal Meriahkan Sedekah Bumi Desa Sugihan Winong

Perpaduan Budaya Tradisional dan Olah Raga Bakal Meriahkan Sedekah Bumi Desa Sugihan Winong

Perpaduan Budaya Tradisional dan Olah Raga Bakal Meriahkan Sedekah Bumi Desa Sugihan Winong

Patinews.com – Winong, Serangkaian sedekah bumi desa Sugihan Kecamatan Winong Pati tahun 2017 lebih meriah dari tahun lalu. Selama tiga hari serangkaian acara sedekah bumi dikemas dengan perpaduan tradisi jawa budaya tradisional dan giat olah raga antar warga. Dimulai dengan keagamaan pembacaan katam quran di punden nyai ageng tari desa setempat.

Dilanjutkan dengan tradisi bancaan bersama disertai tahlil dan manakipan semua warga desa. Selain itu tradisi budaya berupa pentas wayang kulit dan ketoprak di gelar bergantian selama tiga hari. Adapun kegiatan olah raga voly ball antar desa ikut memeriahkan sedekah bumi Desa Sugihan. Dipuncak acara yang selalu menjadi daya tarik warga akan di gelar pertandingan sepal bola kelompok banci dengan PS Desa Sugihan di lapangan sepak bola setempat (senin, 14/8/2017).

Kepala Desa Sugihan Suwarno kepada tim media mengatakan jika kegiatan sedekah bumi kali lebih komplit dan semarak. Selain menggelar pentas seni budaya dan olah raga juga diadakan selamatan berupa bancaan bersama warga di punden Nyai Ageng Tari yang merupakan cikal bakal warga setempat. Kades merasa bangga dengan kebersamaan warga yang guyub rukun dalam kegiatan sedekah bumi.

Salah satu tokoh masyarakat sekaligus anggota dewan Pati partai Gerindra Hartono menambahkan jika acara sedekah bumi di desa Sugihan menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Yang menarik semua warga ikut terlibat baik bancaan bersama maupun kegiatan olah raga bersama yang melibatkan persatuan sepak bola para banci yang akan tampil menghibur warga masyarakat. (Gos)

Perpaduan Budaya Tradisional dan Olah Raga Bakal Meriahkan Sedekah Bumi Desa Sugihan Winong | redaksi@patinews.com | 4.5

Leave a Reply