membangun kabupaten pati

Bupati Pati Buka Koperasi dan UMKM Expo 2017

Bupati Pati Buka Koperasi dan UMKM Expo 2017

Bupati Pati Buka Koperasi dan UMKM Expo 2017

PatiNews.Com – Kota, Bertempat Di Halaman Stadion Joyokusumo Jl kolonel Sunandar No. 54 Pati berlangsung Pembukaan BAZAR dalam rangka menyambut peringatan hari Koperasi ke 70 Kabupaten Pati dengan tema“ Expo Koperasi Dan Gelar Bazar UMKM tahun 2017“ , Sabtu : 17/06/17.

Acara pembukaan Expo tersebut di hadiri oleh beberapa pejabat daerah dan Forkopimda Pati, diantaranya, Bupati Pati ( H. Hariyanto, SH. MM. MSi), Komandan Kodim 0718/PT ( Letkol INF Andri Amijaya Kusuma, Sos), Kapolres Pati ( AKBP Hamdan Maulana, SIK. ), SKPD Kab. Pati, Plt. Sekertaris Daerah Kab.Pati Kepala DPUTR ( Ir. Suhariyono, MM), Kepala Koperasi Kab. Pati ( Selamat Singgih Purnomojati,MSi ), dan Anggota DPRD kab. Pati ( Noto Subiyanto).

Perserta Expo UMKM ini diikuti sebanyak 140 stan yang di ikuti dari berbagai macam stan, seperti busana, kerajinan, kuliner, buah dan jasa keuangan. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kab. Pati Selamat Singgih Purnomojati, MSI sebagai penyelengara menyampaikan, “Ucapan terimaksih kepada Forkopinda Kab. Pati yang telah hadir dalam kegiatan ini. Expo ini juga membantu menstabilkan ekonomi jelang lebaran yang notabene harga kebutuhan Pokok naik menjadi stabil. Dengan Koperasi yang makin maju akan menciptakan lapangan kerja di Kab. Pati”.

Selamat Singgih  menambahkan, jika 3 tahun koperasi tidak meleksanakan RAT pemerintah akan membubarkannya. “Untuk itu maka kita berharap agar RAT rutin dilaksanakan, karena Koperasi merupakan Soko guru ekonomi masyarakat yang maju adil dan makmur. Dengan Pelatihan, bimbingan maupun latihan yang dilaksnakan rutin sehingga kemapuan dan keahlian akan meningkatkan kwalitas maupun mutu Koperasi. Fasilitas dan promis akan menjadikan komoniditas dikenal masyarakat”.

“Kita berharap Kerja sama semua pihak agar Koperasi di Kab Pati dapat maju dan berkembang. Dengan disenangi dan dikenali maka produck akan dibeli dan omset akan meningkat. Dalam bazar ini didirikan 140 unit usaha baik flora fauna, Konfeksi , Kerajinan dan batik serta produck unggulan Kab Pati, dan juga usaha UMKM”, imbuh Slamet Singgih.

Dalam rangka HUT ke 70 ini Koperasi Pati ini juga melaksnakan berbagai even menarik, yaitu, Sosial donor darah, Olah raga senam sehat, Pemberdaayaan koperasi, berbagai lomba (lomba mewarnai dan menggambar), dan panggung hiburan.

Selain itu juga ada penyerahan santunan kepada anak yatim secara simbolis oleh Forkompinda kepada 10 orang perwakilan dengan jumlah anak yatim yang mendapat santunan sebanyak 200 orang.

Penyerahan sertifikat kompetensi koprasi jasa keuangan dari BNSP serta penyematan PIN manejer kompeten secara simbolis kepada,  Fikaris Windo Nofianto ( KSP cendrawasih Estu Sae Pati), Sdr. Ervind Mai Jenny Saragi ( KSP Tondonegoro Pati).

Bupati Pati sebelum penyematan dan pembukaan bazar dalam rangka menyambut hari koperasi ke 70 tahun 2017 di mulai, mengatakan, “HUT Pada tahun 2017 ini berbarengan dengan Bulan suci Ramadhan. Giat Ekspo ini juga membantu menstabilkan ekonomi jelang lebaran yang notabene harga kebutuhan Pokok naik menjadi stabil. Pemkab Pati memberi Fasilitas untuk mengembangkan Koperasi dan UMKM diantaranya dibangun nya pasar Pragola Pati. Pemerintah juga memberi kesempatan seluas luasnya usaha Koperasi diantaranya Koperasi simpan pinjam yang semakin banyak berdiri di Kabupaten Pati”.

“Dengan berlakunya Pasar bebas ASEAN (MEA) merupakan suatu tantangan koperasi untuk lebih meningkatkan usaha diantaranya bidang kredit usaha Rakyat. PemKab Pati memfasilitasi Koperasi dilakukan salah dengan dibangun pusat perbelanjaan tradisional di Pati diantaranya pasar winong, Pragolo dan Puri. Pemkab Pati mendapat penghargaan dibidang Koperasi dan UMKM yang baik dari tingkat Propinsi maupun Pusat. seperti contohnya yang telah diraih Bpk.Manurung yang telah menerima kopentensi jasa keuangan dari MST. Agar Koperasi yang ada di kab.Pati semakin maju dan berkembang sehingga menciptakan lapangan kerja sehingga dapat mengentaskan kemiskinan dan memberikan kesejahteraan masyarakat”, imbuh Bupati. (pd)

Bupati Pati Buka Koperasi dan UMKM Expo 2017 | redaksi@patinews.com | 4.5

Leave a Reply